Pendaftar Calon PPS di Jawa Timur Membludak

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 27 Desember 2022
0 dilihat
Pendaftar Calon PPS di Jawa Timur Membludak
Komisioner KPU Jawa Timur, Rochani membeberkan antusias masyarakat untuk bergabung menjadi anggota PPS. Foto: Ist.

" Masyarakat di Jawa Timur tampaknya tertarik untuk mendaftar sebagai Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024 mendatang. Tercatat hingga saat ini sampai di tingkat desa atau kelurahan sudah ada 83.471 orang untuk mengisi pos tersebut "

SURABAYA, TELISIK.ID - Masyarakat di Jawa Timur tampaknya tertarik untuk mendaftar sebagai Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024 mendatang. Tercatat hingga saat ini sampai di tingkat desa atau kelurahan sudah ada 83.471 orang untuk mengisi pos tersebut.

Jumlah itu sangat tinggi jika di banding kebutuhan PPS di Jawa Timur. Dengan jumlah 8494 desa/kelurahan di seluruh Jawa Timur, anggota PPS yang dibutuhkan adalah 25.482 orang. Pendaftaran dibuka sejak 18 Desember lalu, jumlah pendaftar berpotensi terus bertambah.  

"Pelamar yang mengajukan aktivasi akun melalui sistem informasi anggota KPU dan badan adhoc (SIAKBA) sudah mencapai 328 persen dari total kebutuhan PPS," kata Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Penelitian dan Pengembangan KPU Jawa Timur, Rochani, Selasa (27/12/2022).

Baca Juga: Inovasi Daerah Muna Peringkat II Tingkat Sulawesi Tenggara

Baca Juga: Berikut Polres Peraih Nilai Tinggi dan Rendah Soal Pelayanan Publik di Sumatera Utara

Dia menjelaskan, hasil sejumlah pantauan lapangan yang dilakukan tim SDM KPU Jawa Timut pada pendaftar PPS di sejumlah daerah di Jawa Timur. Misalnya di Kabupaten Lamongan. Menurut Rochani, KPU Kabupaten Lamongan pada Senin kemarin dipadati pelamar yang menyerahkan dokumen fisik.

"KPU Kabupaten Lamongan merupakan satker dengan jumlah desa paling banyak di Jawa Timur, yaitu memiliki 474 desa dengan kebutuhan PPS terbanyak sejumlah 1422 anggota PPS," ujarnya.

KPU RI mulai merekrut anggota badan adhoc di tingkat kecamatan (panitia pemilihan kecamatan/PPK) dan kelurahan (panitia pemungutan suara/PPS). Rekrutmen PPK berlangsung 20 November-16 Desember 2022. Sedangkan PPS pada 18 Desember 2022-16 Januari 2023.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia KPU RI, Parsadaan Harahap mengatakan,  jumlah anggota PPK yang akan direkrut mencapai 36.330 untuk 7.266 kecamatan se-Indonesia. Sementara itu, jumlah anggota PPS yang akan direkrut mencapai 251.295 orang untuk 83.765 desa/kelurahan se-Indonesia. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga