Pengamat Angkat Bicara Soal Polemik Pengangkatan Kepala SMAN 9 Kendari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 26 November 2020
0 dilihat
Pengamat Angkat Bicara Soal Polemik Pengangkatan Kepala SMAN 9 Kendari
Pengamat Pendidikan Sulawesi Tenggara (Sultra), Prof Abdullah Alhadza. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Kecerdasan itu satu aspek dan integritas itu artinya akhlak. Nah, itu aspek yang utama. Keberhasilan seorang anak lebih ditentukan oleh integritas gurunya ketimbang kualitas intelektual. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pengamat Pendidikan Sulawesi Tenggara (Sultra), Prof Abdullah Alhadza, angkat bicara terkait polemik pengangkatan Kepala SMAN 9 Kendari, Dr Aslan.

Hal tersebut menjadi perhatian banyak pihak, lantaran Dr Aslan yang belum lama diangkat jadi Kepala SMAN 9 Kendari, diduga pernah melakukan tindakan asusila sewaktu menjabat Kepala Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) Sultra 2017 silam.

Menurut Prof Abdullah Alhadza, apabila dugaan asusila tersebut terbukti, maka tidak ada ampunan kepada yang bersangkutan. Mengingat, tidak bisa lagi memberikan pembentukan kepribadian kepada anak didik.

"Kecerdasan itu satu aspek dan integritas itu artinya akhlak. Nah, itu aspek yang utama. Keberhasilan seorang anak lebih ditentukan oleh integritas gurunya ketimbang kualitas intelektual," katanya kepada awak media, Kamis (26/11/2020).

Baca juga: Nadiem Tegaskan Sekolah Tatap Muka Harus Diputuskan Bersama

Kalau saja, tambah dia, seorang guru terlebih kepala sekolah yang semestinya menjadi inspirator dan rujukan siswa melakukan tindakan asusila, itu adalah sangat riskan. Sehingga seharusnya tidak ada ampun dalam dunia pendidikan kalau memang betul.

Dengan catatan, sambung dia, ada bukti dan segera di bawah di ranah hukum untuk diselesaikan.

"Saya yakin, siapapun yang menjadi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) harus menyikapi segera. Tapi memang harus jelas, jangan sampai ada fitnah dan persaingan disitu," jelas Prof  Abdullah Alhadza yang juga Guru Besar di Universitas Muhammadiyah Kendari. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga