Pengembangan Kawasan Motewe dan Warangga Menunggu Izin Gubernur

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 13 April 2021
0 dilihat
Pengembangan Kawasan Motewe dan Warangga Menunggu Izin Gubernur
Kawasan Motewe. Foto: Sunaryo/Telisik

" Tidak bisa kita anggarkan kalau izinnya belum keluar. "

MUNA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna kesulitatan dalam mengembangkan kawasan kota baru Motewe dan Warangga, yang dikarenakan belum adanya izin dari Gubernur Sultra.

Bupati Muna, LM Rusman Emba mengaku, akibat tertundanya izin gubernur membuat alokasi anggaran pembangunan gedung serba guna dan fasilitas lain di kawasan Motewe dipending.

"Tidak bisa kita anggarkan kalau izinnya belum keluar," kata Rusman, Selasa (13/4/2021).

Begitu juga di kawasan hutan Warangga, baru sebagian yang memiliki izin. Sedangkan, kawasannya masih banyak lagi dibutuhkan untuk lokasi pembangunan terminal tipe B, lokasi wisata dan kegiatan kepramukaan.

"Saya sudah intruksikan Pj Sekda untuk menjembatani itu ke gubernur. Karena kegiatan-kegiatan itu sangat mendesak," ungkapnya.

Baca Juga: Masjid Istiqlal Hanya Gunakan 30 Persen dari Kapasitas Ruang Utama untuk Jamaah Tarawih

Izin gubernur dibutuhkan pada pengembangan kawasan itu dikarenakan wilayahnya masuk pada kawasan konservasi laut dan kawasan hutan lindung.

Untuk pengembangan kedua kawasan tersebut, telah mendapat lampu hijau dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), sehingga pembiayaan nantinya bisa bersumber dari pusat. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga