Pengembangan Rumput Laut di Bombana Dioptimalkan

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Minggu, 19 November 2023
0 dilihat
Pengembangan Rumput Laut di Bombana Dioptimalkan
Pj Bupati Bombana, Burhanuddin mengahadiri panen perdana rumput laut di Desa Laeya, Kecamatan Poleang Selatan. Foto: Ist.

" Panen perdana rumput laut di Desa Larya, Kecamatan Poleang Selatan, dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Bombana, Burhanuddin dan jajaran pemerintah lainnya "

BOMBANA, TELISIK.ID - Panen perdana rumput laut di Desa Larya, Kecamatan Poleang Selatan, dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Bombana, Burhanuddin dan jajaran pemerintah lainnya.

Kepala Dinas Perikanan, Syarif menerangkan, Desa Laeya sangat bagus untuk pengembangan rumput laut, karena ekosistem lautnya sangat cocok untuk pengembangan bibit yang merupakan hasil laboratorium kultur jaringan.

"Ini adalah panen perdana bibit rumput laut dari kultur jaringan di Kabupaten Bombana," ungkap Syarif, Sabtu (18/11/2023) kemarin.

Baca Juga: Pemda Bombana Diharap Konsisten Kendalikan Inflasi

Desa Laeya adalah salah satu tempat pengembangan rumput laut yang bagus dan bisa dikembangkan dengan baik. Untuk mendukung dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Laeya, pemerintah akan membantu dalam pengadaan tali untuk rumput laut dan bibit udang yang akan disalurkan secepatnya.

Pj Bupati Bombana, Burhanuddin mengatakan, segera melihat potensi laut yang dimiliki dan mengarahkan Dinas Perikanan membuat program pelatihan untuk pengembangan rumput laut, juga memantau perkembangan niaga laut untuk memaksimalkan potensi yang ada.

"Jadi pemerintah desa, kecamatan dan pemerintah daerah bisa peran aktif dalam pengembangan rumput laut, agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Burhanuddin.

Pada kesempatan ini, Burhanuddin duduk bersama masyarakat untuk mengetahui apa saja kekurangan yang harus diperbaiki dan dibangun oleh pemda, agar bisa meringankan keluhan masyarakat khususnya Desa Laeya. Pembangunan yang dimaksud adalah infrastruktur jalan dan pembangunan dermaga.

Ini adalah salah satu langkah pemerintah, terkait penekanan inflasi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Bombana, di mana pemerintah turun langsung dalam kestabilan harga rumput laut itu sendiri.

Kepala Desa Laeya, Marwah menyambut baik kunjungan pemerintah, karena ini adalah kali dilakukan pemerintah daerah sejak Bombana menjadi daerah otonom.

Baca Juga: Seleksi PPPK Dimulai, Pertama Kalinya Bombana Tilok Mandiri

“Oleh karena itu, kami ucapkan terimakasih kepada Pj bupati yang sudah mau datang berkunjung di desa kami," sambut Marwah.

Kepala desa sangat mengimbau masyarakat untuk dapat aktif dalam rapat-rapat, dan kunjungan seperti ini ke depannya agar pemerintah bisa memberikan jalan keluar.

"Atau setidaknya membantu meringankan apa yang menjadi kekurangan di masyarakat," pungkasnya. (A-Adv)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga