Penggunaan Lensa Kontak Percantik Mata tapi Berbahaya

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Kamis, 27 April 2023
0 dilihat
Penggunaan Lensa Kontak Percantik Mata tapi Berbahaya
Lensa kontak kini juga digunakan sebagai alat kosmetik yang mempercantik penampilan dan mengubah tampilan wajah seseorang jadi berbeda. Foto: Repro aladokter.com

" Dalam perkembangannya, lensa kontak kini juga digunakan sebagai alat kosmetik yang mempercantik penampilan "

KENDARI, TELISIK.ID - Mata adalah salah satu bagian yang memiliki daya tarik tersendiri. Mata indah merupakan dambaan hampir setiap perempuan. Beberapa wanita memilih mempercantik kedua mata dengan menambahkan aksesori mata, seperti lensa kontak.

Lensa kontak kini tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu penglihatan pengganti kacamata. Dalam perkembangannya, lensa kontak kini juga digunakan sebagai alat kosmetik yang mempercantik penampilan. Lensa kontak yang berwarna memang bisa mengubah tampilan wajah seseorang jadi berbeda.

Namun, penggunaannya yang terus menerus dapat mengakibatkan infeksi pada mata. Dilansir dari aladokter.com, dr. Sonia Loviarny mengatakan, menggunakan lensa kontak sebagai alat bantu pengelihatan mungkin lebih nyaman bagi beberapa orang dibandingkan dengan kacamata. Namun, penggunaan lensa kontak ini harus sangat mengikuti anjuran pakai yang diberikan karena jika tidak dapat berisiko menimbulkan infeksi bakteri, jamur, atau mikroba pada mata.

"Lensa kontak sebaiknya tidak digunakan secara terus menerus seharian. Beberapa dokter merekomendasikan setidaknya lensa kontak (softlens) digunakan hanya 6-8 jam per hari," ujar Sonia.

Seorang pengguna lensa kontak mines, Lindsa Manuara mengatakan, menggunakan lensa kontak membuat matanya capek dan dia merasa menggunakan kacamata lebih nyaman.

Baca Juga: Cara Mengontrol Tekanan Darah di Tengah Momen Lebaran

"Saya menggunakan lensa kontak hanya saat sedang bekerja yang tidak bisa menggunakan kacamata dan sesekali pakai kalau lagi pengen," ujar Lindsa, Kamis (27/4/2023)

Softlens menghalangi penyerapan oksigen secara langsung oleh pembuluh darah mata sehingga dapat menyebabkan mata terasa lelah, berisiko menyebabkan mata iritasi, kemerahan, kering hingga infeksi mata.

Baca Juga: Kolesterol Pasca Lebaran, Redakan dengan 5 Buah Ini

Hal serupa diungkapkan oleh Rahmawati yang juga pengguna lensa kontak hanya untuk mempercantik kedua matanya.

"Saat pake lensa memang mata saya terasa lebih cepat capek dan juga perih apalagi kalau saya pakai sampai seharian penuh, itu rasanya capek dan pusing," ujar Rahma.

Itulah yang membuatnya menggunakan lensa kontak hanya saat menghadiri acara formal atau saat lebaran. (A)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga