Pentingnya Pancasila sebagai Ideologi Negara

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Kamis, 19 Oktober 2023
0 dilihat
Pentingnya Pancasila sebagai Ideologi Negara
Anggota DPR RI, Hugua saat memberikan sosialisasi pembinaan ideologi pancasila kepada masyarakat Kota Kendari. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Pentingnya ideologi Pancasila, untuk terus diperkenalkan masyarakat sebagai panduan dalam pembentukan nilai-nilai dan norma-norma yang mendasari kehidupan berbangsa dan bernegara "

KENDARI, TELISIK.ID - Pentingnya ideologi Pancasila, untuk terus diperkenalkan masyarakat sebagai panduan dalam pembentukan nilai-nilai dan norma-norma yang mendasari kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ideologi Pancasila adalah suatu pandangan hidup atau sistem nilai dasar yang menjadi landasan bagi negara dan seluruh bangsa Indonesia. Hal ini diakui sebagai ideologi negara resmi Indonesia dan tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Anggota DPR RI, Hugua menyoroti banyak pemuda di Sulawesi Tenggara yang masih asing dengan nilai Pancasila.

Baca Juga: Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara Ungkap Imunisasi Dasar Lengkap Jaga Kekebalan Tubuh Anak

"Kenapa masih banyak tawuran, kenapa banyak hoaks, banyak kekerasan dan lain sebagainya, ini manifestasi bahwa kurang lebih 20 tahun setelah era reformasi, nilai-nilai Pancasila ini tidak lagi diajarkan secara masif di masyarakat," papar Hugua, Kamis (19/10/2023).

Menurutnya, tidak jarang didapati kasus-kasus saling menyerang dan tindakan tidak baik lainnya, di mana sebagian besar pelakunya justru usia remaja hingga dewasa.

"Akibatnya generasi umur 20 sampai 25 tahun bahkan 30 tahun, hampir tidak mengenal Pancasila," kata Hugua.

Kondisi tersebut, menjadikan generasi sekarang sebagai generasi yang terputus akan pengetahuan dan implementasi nilai Pancasila.

"Oleh karena itu, Komisi II DPR RI bersama Pemerintah Kota Kendari sekarang kita mensosialisasikan Pancasila ini sebagai bagian penting dalam rangka membuat NKRI ini bisa utuh dan abadi," ucapnya.

Sosialisasi Pancasila ini dihadiri oleh Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama Badap Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Sekda Kota Kendari, dan masyarakat Kota Kendari.

Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP, M Akbar Hadiprabowo mengatakan, sosialisasi ini penting dilakukan untuk menyebarluaskan kembali penanaman nilai Pancasila kepada masyarakat.

Baca Juga: Listrik Padam Buat Aktivitas Masyarakat Terganggu di Kota Kendari

Apalagi Indonesia sebagai negara dengan beragam suku, agama, bahasa, bahkan adat istiadat, sehingga tanpa ideologi Pancasila menurutnya negara akan repot.

"Kami berbahagia ada di Kota Kendari, alhamdulillah Anggota DPR RI Komisi II yang merupakan mitra BPIP dan Sekda Kota Kendari, ini upaya kita, jadi kita tahu selama lebih dari 20 tahun negara ini tidak ada lembaga yang mengurusi tentang Pancasila," ujarnya.

Sekretaris Daerah Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan, pembinaan ideologi Pancasila tetap menjadi kebutuhan bagi daerah khususnya Kota Kendari, dalam kerangka memperkuat NKRI.

“Untuk itu, informasi-informasi tentang Pancasila itu, harus terus digelorakan dan menjadi tanggung jawab kita semua untuk terus menggelorakan nilai-nilai yang terkandung dalam dasar dari sila-sila Pancasila itu,” ucapnya. (A-Adv)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga