Penumpang KM Sabuk Nusantara 57 Lalaikan Protokol Kesehatan

Haidir Muhari, telisik indonesia
Sabtu, 01 Mei 2021
0 dilihat
Penumpang KM Sabuk Nusantara 57 Lalaikan Protokol Kesehatan
Suasana di pelabuhan. Foto: Rizal/Telisik

" Kalau untuk sekarang ini menjelang lebaran ada peningkatan jumlah penumpang. "

KENDARI, TELISIK.ID - Banyak di antara penumpang KM Sabuk Nusantara 57 rute Kendari-Taliabu mengabaikan protokol kesehatan.

Nahkoda KM. Sabuk Nusantara 57, Mahdar mengatakan, menjelang lebaran, jumlah penumpang mengalami lonjakan. Hal itu membuat pihaknya kesulitan untuk  mengontrol penerapan protokol kesehatan bagi penumpang.

"Kalau untuk sekarang ini menjelang lebaran ada peningkatan jumlah penumpang," kata Mahdar, Kamis (29/4/2021).

Mahdar menuturkan, bagi calon penumpang wajib memperlihatkan hasil swab antigen sebelum naik kapal.

Baca juga: Perusahaan Tempat Kerja Tak Bayar THR? Segera Lapor ke Sini

Baca juga: Salat Idul Fitri di Kendari Tahun Ini, Boleh di Lapangan atau Masjid

"Bagi penumpang yang mau berangkat wajib memperlihatkan hasil swab antigen, kita juga siapkan tempat cuci tangan sambil sebisa mungkin kita imbau untuk menjaga jarak," tutur Mahdar saat diwawancarai Telisik.id.

Sementara Jumriadin salah satu penumpang KM Sabuk Nusantara 57 mengatakan, penerapan protokol kesehatan itu harusnya dijalankan oleh semua penumpang. Namun kenyataan di lapangan, bayak penumpang yang mengabaikannya.

"Kalau menurut saya bagus, karena sekarang lagi masa pandemi. Cuma memang protokol kesehatannya banyak dilanggar. Kalau pakai masker mungkin bisa, tapi jaga jarak tidak mungkin karena penumpangnya terlalu padat," kata Jumriadin.

La Ode M. Hajar Doni selaku Ketua Kesehatan Pelabuhan Kelas II Kendari menyampaikan agar semua pihak bekerja sama baik pelaku perjalanan, pihak kapal, maupun pihak penjagaan pelabuhan untuk patuh pada aturan.

"Terkait penerapan protokol kesehatan ini memang dikehendaki baik oleh pelaku perjalanan, dunia usaha yang menggerakan angkutan laut dan pihak-pihak terkait yang ada di pintu masuk. Semestinya harus bersama-sama untuk mengatur," ucapnya saat ditemui Telisik.id, Jumat (30/4/2021).

Reporter: Rizal Saputra

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga