Perahu Yamaha Pulau Bongko Juarai Lomba Balapan Perahu dalam Perayaan HUT Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Minggu, 24 Juli 2022
0 dilihat
Perahu Yamaha Pulau Bongko Juarai Lomba Balapan Perahu dalam Perayaan HUT Muna Barat
Pj Bupati Muna Barat bersama Kadis DKP Muna Barat menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba balap perahu, Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Dinas Kelautan dan Perikanan Muna Barat menggelar balap perahu di Desa Tondasi, Kecamatan Tiworo Utara "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Muna Barat ke-8, Dinas Kelautan dan Perikanan Muna Barat menggelar balap perahu di Desa Tondasi, Kecamatan Tiworo Utara, Minggu (24/7/2022).

Ketua Panitia Balap Kapal Nelayan, LM Adhy Farid Pancana menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat, khusus wilayah pesisir dapat merasakan manfaat dan menjunjung silaturahmi serta nilai-nilai budaya antar sesama.

Kegiatan ini merupakan bentuk kampanye Pengelolaan Akses Area Perikanan (PAAP) dalam mengenalkan kebudayaan nelayan Selat Tiworo pada ajang HUT Muna Barat.

"Agar dapat mengenalkan kepada PAAP, khususnya berkaitan dengan kegiatan pengelolaan laut yang ramah lingkungan dan berkelanjutan," tuturnya.

Dalam lomba itu para peserta balap nelayan memperebutkan piala PAAP yang berjumlah 32 kapal dengan terbagi dalam delapan grup.

Baca Juga: Sudah Sebulan Kerja, Honor Panitia Pilkades di Buton Utara Belum Dibayar

Panitia lomba juga bekerja sama dengan RARE yang merupakan organisasi pengelola laut, dengan menyiapkan total hadiah sejumlah Rp. 25 juta, serta ada hadiah kejutan sebanyak Rp. 25 juta dari Pj Bupati Muna Barat, Bahri.

Bahri mengapresiasi Kepala Dinas DKP Muna Barat beserta panitia dan jajarannya yang telah menyukseskan pelaksanaan turnamen balap kapal nelayan.

Ia juga menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan pada momentum perayaan HUT Muna Barat harus dipertahankan utamanya pada masyarakat pesisir.

Baca Juga: Muna Barat Sangat Tertinggal, Ridwan Bae Yakin Pj Bupati Bisa Tata Pembangunan dan Pemerintahan

“Saya turut berbangga kepada seluruh masyarakat Muna Barat, kita harus pertahankan, dalam rangka sinergitas untuk mengawal pembangunan Muna Barat agar memiliki masa depan yang lebih baik,” singkatnya.

Untuk diketahui, pemenang dalam balap perahu, yakni perahu yamaha dari Pulau Bangko mendapat juara 1 dengan hadiah utama sebesar Rp 10 Juta, perahu panglima dari Pulau Bero mendapat juara 2 dengan hadiah utama sebesar Rp 7 Juta, perahu nusantara dari Pulau Maginti mendapat juara 3 dengan hadiah utama sebesar Rp 5 Juta, dan perahu apolo 4 dari Pulau Bangko mendapat juara 4 dengan hadiah utama sebesar Rp 3 Juta. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga