Peran Ditpamobvit Lakukan Pengamanan di Objek Wisata Wakatobi

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Jumat, 01 September 2023
0 dilihat
Peran Ditpamobvit Lakukan Pengamanan di Objek Wisata Wakatobi
Koordinasi dan asistensi sistem pengamanan objek wisata Tim Subdit Ditpamobvit Polda Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban pada objek wisata di wilayah hukum Polres Wakatobi. Polda Sulawesi Tenggara melakukan koordinasi dan asistensi pengamanan objek Wisata Tim Subdit Wisata Ditpamovit di Wakatobi, bertempat di Pesanggrahan Taman Budaya, Wakatobi "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban pada objek wisata di wilayah hukum Polres Wakatobi. Polda Sulawesi Tenggara melakukan koordinasi dan asistensi pengamanan objek Wisata Tim Subdit Wisata Ditpamovit di Wakatobi, bertempat di Pesanggrahan Taman Budaya, Wakatobi, Jumat (1/9/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Tim Subdit Wisata Ditpamobvit Polda Sulawesi Tenggara, Kompol Samsuddin bersama tim, Kapolres Wakatobi, AKBP Dodik Tatok Subiantoro, diwakili oleh Wakapolres Wakatobi, Kompol La Ode Surahman, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Wakatobi, Jarmasi, Kasat Pamobvit Polres Wakatobi, Iptu Budi, anggota pamobvit dan peserta undangan lainnya.

Wakapolres Wakatobi, Kompol La Ode Surahman mengungkapkan, dalam melaksanakan tugasnya, Subdit Wisata menyelenggarakan fungsi pengamanan obyek wisata dan pengamanan mobilitas wisatawan di Wakatobi.

Baca Juga: Enam Hari Terombang-ambing di Laut, Begini Cara Bertahan Hidup 4 Nelayan Wakatobi

Sebagaimana diketahui, Wakatobi adalah daerah konservasi wisata yang merupakan daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Wakatobi jika daerah tersebut aman. Ia percaya dengan begitu, wisatawan akan senang berwisata di Wakatobi.

La Ode Surahman melanjutkan, Wakatobi memiliki keunikan, keindahan, dan nilai berupa keanekaragaman kekayaan alam, budaya dan hasil buatan manusia yang menjadi sarana atau tujuan kunjungan wisatawan yang perlu kita jaga dan publikasikan.

"Dengan demikian, wisatawan semakin tertarik untuk datang ke Wakatobi," ucapnya.

Ketua Tim Subdit Wisata Ditpamobvit Polda Sulawesi Tenggara, Kompol Samsuddin menjelaskan, di tubuh Polri ada Direktorat Pam Obvit yang akan memberikan pendampingan dan pengamanan terhadap objek vital nasional yang ada di wilayah Wakatobi.

“Bila pengamanan objek vital tidak maksimal, maka dapat mengganggu perekonomian nasional," ujarnya.

Baca Juga: Sempat Walk Out, Fraksi Golkar DPRD Wakatobi Setuju KUA PPAS 2024

Polri memiliki kewajiban besar untuk memberikan pendampingan pengamanan obvitnas tersebut. Jangan sampai masalah berkembang menjadi masalah perekonomian nasional.

Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Wakatobi, Ahmad Albar menuturkan, pengamanan di wilayah wisata sangat penting. Karena ada beberapa kejadian di destinasi yang harus membutuhkan pengamanan kepolisian.

Ahmad Albar berharap, adanya pendampingan wisatawan yang dilakukan. Wisatawan merasa nyaman, baik dalam menjalankan wisata. Dan Wakatobi bisa menjadi destinasi yang unggul dalam kunjungan wisatawan terutama pada keamanannya. (A)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga