Peran Perempuan dalam Budaya Maritim Wakatobi Melalui Festival Wowine

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Jumat, 04 Agustus 2023
0 dilihat
Peran Perempuan dalam Budaya Maritim Wakatobi Melalui Festival Wowine
Pembukaan Festival Wowine Wakatobi 2023 di Marina Togo Mowondu, Wangi-Wangi. Foto: Wiwik Prihastiwi/Telisik

" Sebagai bentuk penghargaan akan eksistensi perempuan yang sangat kental dalam budaya maritim di Kabupaten Wakatobi. Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, menggelar Festival Wowine Wakatobi 2023, bertempat di Marina Togo Mowondu, Wangi-Wangi "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Sebagai bentuk penghargaan akan eksistensi perempuan yang sangat kental dalam budaya maritim di Kabupaten Wakatobi. Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, menggelar Festival Wowine Wakatobi 2023, bertempat di Marina Togo Mowondu, Wangi-Wangi.  

Wakatobi sebagai salah satu destinasi unggulan di Sulawesi Tenggara, sehingga hal tersebut harus didukung dengan strategi pemasaran dan promosi. Salah satunya yaitu dengan pelaksanaan event yang berbasis budaya masyarakat lokal dan event pariwisata, sebagai stimulan dalam perputaran ekonomi masyarakat. Khususnya bagi pelaku ekonomi kreatif dan UMKM.

Kepala UPTD Destinasi Wisata Kawasan Terpadu Bahteramas, La Ode Aliudin menuturkan, festival wowine adalah bagian penting dalam gerakan bersama untuk menyamakan Wakatobi sebagai kawasan strategis pariwisata nasional.

Baca Juga: Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa di Wakatobi, Dewan Pendidikan Sosialisasi Speaking English Area

La Ode Aliudin menerangkan, Festival Wowine Wakatobi 2023 tersebut diharap mampu menjadi momentum kekuatan perempuan maritim, khususnya di Wakatobi dalam mengambil peran strategi demi kemajuan budaya dan daerah.

"Festival wowine adalah kegiatan kolaboratif bersama sebagai penghargaan untuk para perempuan maritim. Semoga ini menjadi event tahunan yang semakin menguatkan Wakatobi sebagai top ten destinasi pariwisata Indonesia," ujarnya, Jumat (4/8/2023).

Sementara itu, TP PKK Kabupaten Wakatobi, Eliati Haliana mengungkapkan, sebagai perempuan maritim Wakatobi, tidak hanya berperan sebagai pendamping suami yang hanya berpangku tangan untuk sekedar menunggu suami pulang.

Baca Juga: Rasakan Sensasi Unik Wisata Terapi Ikan di Uwe Kohondao Liya Togo Wakatobi

Tetapi bisa menjadi pelaku utama untuk ketahanan keluarga dan mengisi pembangunan dalam berbagai bidang. Di mana harapannya yaitu perempuan setara dengan kaum laki-laki, dan tentunya tetap mempertahankan karakter perempuan maritim yang tangguh dan menjaga kehormatan diri dan keluarga atau pun suami.

"Festival perempuan maritim, ide dan gagasan seperti ini sangat dibutuhkan oleh Wakatobi dalam hal perubahan sosial, peningkatan pola pikir kaum milenial agar tetap produktif demi kemajuan Wakatobi," ucapnya.

Festival Wowine Wakatobi 2023 akan berlangsung selama tiga hari dari 4-6 Agustus 2023. Dengan diisi berbagai kegiatan dan pertunjukan yang bertemakan perempuan. (B)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga