Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa di Wakatobi, Dewan Pendidikan Sosialisasi Speaking English Area

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Kamis, 03 Agustus 2023
0 dilihat
Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa di Wakatobi, Dewan Pendidikan Sosialisasi Speaking English Area
Dalam rangka mendukung pendidikan, Dewan Pendidikan gelar sosialisasi speaking english area untuk mendorong kecakapan berbahasa Inggris bagi penerus pembangunan di Kabupaten Wakatobi. Foto: Wiwik Prihastiwi/Telisik

" Guna mendorong kecakapan berbahasa Inggris bagi anak-anak sebagai penerus pembangunan Kabupaten Wakatobi. Dewan Pendidikan Kabupaten Wakatobi mengadakan sosialisasi speaking english area, bertempat di Aula Pesanggrahan "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Guna mendorong kecakapan berbahasa Inggris bagi anak-anak sebagai penerus pembangunan Kabupaten Wakatobi. Dewan Pendidikan Kabupaten Wakatobi mengadakan sosialisasi speaking english area, bertempat di Aula Pesanggrahan, Kamis (3/8/2023).

Kegiatan itu mengajak para penggiat pendidikan di Wakatobi yang memiliki kesadaran terhadap pengembangan berbahasa Inggris. Diarahkan untuk merancang english area di Wakatobi.

Laporan panitia, Sahirsan mengungkapkan, setelah berdiskusi mengenai pengembangan bahasa Inggris di Wakatobi. Mengenai bagaimana anak-anak di Wakatobi 20 tahun ke depan tidak takut berbahasa Inggris. Sehingga pertemuan tersebut dilaksanakan.

"Fungsi dewan pendidikan menampung aspirasi, beri saran dan rekomendasi kepada Dinas Pendidikan mengenai bagaimana pengembangan bahasa Inggris, paling tidak anak-anak di Wakatobi jangan takut berbahasa Inggris," tuturnya.

Baca Juga: Rasakan Sensasi Unik Wisata Terapi Ikan di Uwe Kohondao Liya Togo Wakatobi

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Wakatobi merupakan daerah yang masuk dalam top ten destinasi prioritas pariwisata Indonesia. Sehingga untuk mendukung salah satu sector leading tersebut, perlu adanya SDM yang berkompeten seperti memiliki kecakapan dalam berbahasa Inggris.

Kepala Dinas Pariwisata Wakatobi yang juga hadir dalam sosialisasi tersebut, Nadar mengungkapkan, potensi yang ada di Wakatobi harus didukung dengan SDM yang berkompeten.

Nadar melanjutkan, pihaknya selalu melakukan survei kepada wisatawan yang berkunjung mengenai kepuasan terhadap banyak hal. Ada 3 review wisatawan yang paling mendasar tentang Wakatobi yaitu aksesibilitas, penanganan sampah dan komunikasi. Melihat itu, komunikasi masih menjadi kendala di Wakatobi.

Pariwisata sebagai salah satu leading sector. Nadar menuturkan, sehingga kebijakan juga harus mengarah ke hal tersebut. Salah satu kebutuhan pariwisata yaitu mempersiapkan SDM yang berkompeten dalam berbahasa Inggris.

Baca Juga: 25 Anggota DPRD Wakatobi Didesak Bentuk Pansus Soal Dugaan Aliran Dana Bawang Merah

"Jangan hanya potensi kita yang world class, tapi SDM kita juga dalam memberikan pelayanan harus world class. Salah satu kriteria world class yaitu termasuk di dalamnya adalah kemampuan berbahasa asing," lanjut Nadar.

Nadar mengungkapkan, program itu bisa dimulai dari sekolah-sekolah. Karena diketahui sekolah merupakan lembaga pendidikan. Di mana bisa diterapkan kapan waktu untuk siswa wajib berbahasa Inggris.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wakatobi, La Ali Wangi menuturkan, adanya dewan pendidikan tersebut yang memperhatikan dengan cara memberikan masukan atau rekomendasi untuk perbaikan, diharapkan pendidikan di Wakatobi lebih bagus lagi.

"Mari kita galakkan praktik-praktik lain, sehingga anak-anak kita bisa berbahasa asing," ucapnya. (A)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga