Amankan Natal dan Tahun Baru, 350 Personil Gabungan Dikerahkan di Kota Baubau

Elfinasari, telisik indonesia
Kamis, 21 Desember 2023
0 dilihat
Amankan Natal dan Tahun Baru, 350 Personil Gabungan Dikerahkan di Kota Baubau
Waka Polres Baubau, Kompol Ronald Abdul Gani Sirait mengatakan, telah disiapkan 350 personel untuk mengamankan Nataru. Foto: Elfinasari/Telisik

" Memastikan keamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), diturunkan 350 personel melalui Operasi Lilin 2023 berlangsung selama 12 hari yaitu mulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 "

BAUBAU, TELISIK.ID - Untuk memastikan  keamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), diturunkan 350 personel melalui Operasi Lilin 2023 berlangsung selama 12 hari yaitu mulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

Waka Polres Baubau, Kompol Ronald Abdul Gani Surait, mengungkapkan bahwa personel tersebut tersebar di berbagai lokasi, termasuk tempat ibadah gereja, objek wisata, dan titik-titik vital lainnya. Kolaborasi erat dengan TNI, Polri, dan pemerintah daerah menjadi kunci dalam upaya pengamanan ini.

"Fokus pengamanan kita adalah memberikan rasa nyaman dan tertib bagi saudara-saudara kita yang melaksanakan ibadah Natal dan Tahun Baru," ujarnya, Kamis (21/12/2023).

Baca Juga: Berkunjung di Rumah Caleg PDIP, Sekda Muna dan Dua Kadis Dilabrak Caleg Nasdem

Pengamanan perayaan Natal di gereja, pihak kepolisian menyiapkan 7 hingga 18 personel gabungan TNI dan Polri di setiap gereja. Selain itu, ada 12 Pos Pengamanan (Pospam) yang telah disiapkan untuk memantau keamanan di berbagai titik strategis.

"Kami sudah menyiapkan beberapa titik, termasuk pelabuhan, bandara, Pantai Kamali, dan itu merupakan langkah yang sudah kami lakukan setiap tahun," tambahnya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk menjaga iklim kondusif dengan menghindari kegiatan yang dapat memicu konflik.

Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, Muh Rasman Manafi, menegaskan pentingnya sinergitas dan identifikasi titik-titik keamanan yang perlu mendapat perhatian.

"Saya sampaikan bahwa sinergitas ini salah satunya. Identifikasi beberapa titik terkait keamanan harus kita intensifkan," ucap Muh Rasman Manafi.

Dia menekankan bahwa bekerja bersama bukan hanya dalam konteks fisik, melainkan juga melibatkan semua komponen yang bergerak.

Baca Juga: DPD LAT Kabupaten Konawe Resmi Dikukuhkan

"Ketika membuat acara, hindari membuat orang merasa tidak nyaman. Jangan berlebihan baik dalam kebahagiaan maupun kesedihan, agar tidak mengganggu kenyamanan orang di sekitar kita," tuturnya

Penekanan pada menjaga lingkungan tidak hanya terbatas pada skala besar, melainkan juga pada skala terkecil, yaitu lingkungan Baubau.

Kasi Humas Polres Baubau, Iptu Abdul Rahmat menambahkan, agar masyarakat bersama-sama menjaga situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Baubau tetap kondusif, sehingga ibadah Natal 2023 dan perayaan tahun baru 2024 dapat berlangsung dengan aman, nyaman, dan kondusif. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga