Peringatan Dini Cuaca Sulawesi Tenggara Sepekan Mendatang

La Ode Andi Rahmat, telisik indonesia
Senin, 24 April 2023
0 dilihat
Peringatan Dini Cuaca Sulawesi Tenggara Sepekan Mendatang
Beberapa daerah di Sulawesi Tenggara diprediksi bakal diguyur hujan dalam sepekan ke depan. Namun beberapa daerah lainnya diprediksi tidak turun hujan. Foto: La Ode Andi Rahmat/Telisik

" Beberapa daerah di Sulawesi Tenggara diprediksi bakal hujan dan beberapa daerah lainnya tidak turun hujan selama sepekan "

KENDARI, TELISIK.ID - BMKG stasiun Metereologi Maritim Kendari menyampaikan peringatan dini cuaca di beberapa daerah Sulawesi Tenggara hingga 6 hari mendatang. Beberapa daerah diprediksi bakal hujan dan beberapa daerah lainnya tidak turun hujan selama sepekan.

Faizal Habibie, Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kendari menjelaskan, cuaca yang terjadi di Sulawesi Tenggara dapat dipengaruh oleh faktor-faktor tertentu.

"Adanya konvergensi atau daerah pertemuan angin di wilayah Sulawesi Tenggara, anomali suhu muka laut di perairan sekitar wilayah Sulawesi Tenggara yang dapat meningkatkan penguapan," terang Faizal, Senin (24/4/2023).

Faktor seperti massa udara basah lapisan rendah dan indeks labilitas sedang, hingga kuat skala lokal terkonsentrasi di wilayah Sulawesi Tenggara, faktor-faktor demikian dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di wilayah Sulawesi Tenggara.

I Made Wahyu Gana Putra, prakirawan BMKG Stasiun Meterologi Maritim Kendari menyebutkan daerah di Sulawesi Tenggara yang akan terguyur hujan sedang disertai guntur dan angin kencang hingga 6 hari mendatang.

Baca Juga: Prediksi Cuaca di Sulawesi Tenggara Hingga 6 Hari Mendatang, Sejumlah Daerah Tidak Diguyur Hujan

Senin 24 April 2023, prediksi wilayah Kolaka Utara, Kolaka, Wakatobi dan Buton Utara hujan sedang disertai guntur dan angin kencang.

Selasa 25 April 2023, prediksi wilayah Wakatobi, Buton Utara, Muna Barat dan Konawe hujan sedang disertai guntur dan angin kencang.

Rabu 26 April 2023, prediksi wilayah Wakatobi, Buton dan Buton Selatan hujan sedang disertai guntur dan angin kencang.

Kamis 27 April 2023, prediksi wilayah Buton Selatan, Buton, Kolaka Utara hujan sedang disertai guntur dan angin kencang.

Baca Juga: Peringatan Dini Cuaca Daerah Sulawesi Tenggara Hingga 22 April Mendatang

Jumat 28 April 2023, prediksi wilayah Kolaka, Kolaka Utara dan Muna Barat hujan sedang disertai guntur dan angin kencang.

Sabtu 29 April 2023, prediksi hanya wilayah Kolaka Utara hujan sedang disertai guntur dan angin kencang.

Minggu 30 April 2023, prediksi seluruh wilayah Sulawesi Tenggara tidak turun hujan. (B)

Penulis: La Ode Andi Rahmat

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga