Peringati Hari Amal Bakti Ke-76, Kemenag Kolut Beri Penghargaan Siswa Berprestasi

Muh. Risal H, telisik indonesia
Senin, 03 Januari 2022
0 dilihat
Peringati Hari Amal Bakti Ke-76, Kemenag Kolut Beri Penghargaan Siswa Berprestasi
Wakil Bupati Kolut, H. Abbas, SE saat menyerahkan piagam penghargaan tanda Kehormatan Satyalancana karya Satya kepada salah satu ASN. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) memberikan penghargaan kepada para siswa-siswi berprestasi secara nasional pada momen Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag RI Ke-76 "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) memberikan penghargaan kepada para siswa-siswi berprestasi secara nasional pada momen Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag RI Ke-76.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Wakil Bupati (Wabup) Kolut, Abbas, Kepala Kemenag Kolut, Muhammad Kadir Azis dan Ketua DPRD Kolut, Buhari, usai upacara peringatan HAB Kemenag RI, di Pelataran Kantor Kemenag Kolut, Kamis (3/1/2022).

Menurut Wabup Kolut, Abbas, Kegiatan Hari Amal Bakti Kemenag RI Ke-76 yang diselenggarakan hari ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan HUT Kemenag.

"Kita berharap, di usianya yang Ke-76 tahun Kemenag Kolut semakin bermanfaat khususnya bagi masyarakat Kolaka Utara," terangnya.

Dalam momen ini lanjutnya, juga dirangkaikan beberapa kegiatan yakni Penganugerahan Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 124/TK/Tahun 2021 kepada ASN lingkup Kemenag Kolut dan beberapa siswa-siswi berprestasi.

"Untuk siswa-siswi berprestasi, kami dari pemerintah daerah bersama Kemenag Kolaka Utara akan memberikan pembinaan khusus agar siswa tersebut lebih kompeten dan dapat bersaing ke jenjang yang lebih tinggi," jelasnya.

Baca Juga: Pj Bupati Koltim Sidak OPD di Hari Pertama Kerja, Ini Hasilnya

Terpisah, Kepala Kemenag Kolut, Muhammad Kadir Azis menuturkan, sebelum kegiatan puncak yang diselenggarakan hari ini. Kemenag Kolut telah menggelar beberapa rangkaian kegiatan pada Desember 2021 lalu.

Kegiatan tersebut yakni pekan olahraga seni, yang diikuti seluruh Madrasah lingkup Kolaka Utara. Dilanjutkan lomba kebersihan.

"Kemudian untuk yang pertama kalinya kita melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kolaka Utara sebagai wujud penghormatan kita kepada pahlawan termasuk pendahulu-pendahulu kami di sini," tukasnya.

Wakil Bupati Kolut, H. Abbas SE didampingi Kepala Kemenag Kolut saat menyerahkan penghargaan kepada siswa berprestasi. Foto: Muh. Risal H/Telisik

 

Lebih lanjut, ia mengatakan kegiatan upacara Hari Amal Bakti Kemenag RI Ke-76 dilaksanakan serentak secara nasional.

"Selanjutnya, besok semua kontingen dari kabupaten akan bertolak ke Kendari untuk mengikuti pekan olahraga seni se-kabupaten. Kegiatan ini masih rangkaian Hari Amal Bakti Kemenag tingkat provinsi yang akan berlangsung sampai 8 Januari 2022," bebernya.

Terkait siswa berprestasi levelnya sudah masuk tingkat nasional. Lebih lanjut, di tingkat Kanwil sudah ada penjenjangan dan program-program pembinaan. Mereka juga telah menjalani seleksi secara online di tingkat kabupaten, sehingga hasilnya sudah terdaftar di pusat.

"Insya Allah anak-anak kita untuk tingkat Kanwil ada penjenjangan dan pembinaan. Kita berharap tahun depan biasa masuk kategori yang lebih tinggi dan saat ini siswa berprestasi dari Sultra, khususnya Kolaka dan Kolut sudah diperhitungkan secara nasional," pungkasnya.

Baca Juga: Pengakuan Pelatih Biliar PON XX Papua Usai Dijewer Gubernur Sumut di Muka Umum

Untuk informasi, Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kemenag Kolut yang mendapat Penganugerahan Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya yakni Maming, S.Pd masa pengabdian 30 tahun. Suparman, S.Ag, dan Drs. Mansur  masa menjabat 20 tahun.

Sementara ASN yang menjabat 10 tahun yakni Rasman, SH.I, Akram, S.Ag, Muh. Talubis, S.Ag, Supriadi, S.Pd, Dra. Jihad, Hj. Rosmadina, S.Ag, Murniati, S.Ag, Afrayanti Said, S.Pd, Syahruddin, S.Ag, Syahruddin, SE, Sabri, SE, Ismawati, S.Pd.i, Imranah, S.Pd, dan Wati Tana Saleh, S.Ag.

Wabup Kolut, H. Abbas, SE saat menyerahkan piagam kepada santri TPQ. Foto: Muh. Risal H/Telisik

 

Untuk siswa berprestasi yang mendapat penghargaan adalah Muh. Hidayat, Mts Al-muminin Puurau, juara 1 Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat provinsi tahun 2021 dari 2700 siswa.

Muhammad Prajab Maulana, siswa Mts Neg 1 Kolaka Utara, finalis 50 besar Kompetisi Madrasah Young Researchers Super Camp Tingkat Nasional tahun 2021 bidang Sosial dan Humaniora tingkat Mts dari 2700 siswa.

Mustaqimah, siswa Mts Negeri 1 Kolaka Utara, finalis 50 besar kompetisi madrasah young researchers super camp tingkat Nasional tahun 2021 bidang sosial dan humaniora.

Selain penyerahan penghargaan untuk ASN dan siswa berprestasi, Kemenag Kolut juga menggelar wisuda untuk puluhan santri TPQ 2021 dari TPQ Asy- Syuhada Desa Majapahit, TPQ Al-Ikhlas, Desa Latali, TPQ At-thahiriyah, Desa Labipi, TPQ Al-Islam, Desa Powalaa, TPQ Al-Mujahidin Desa Pasampang, TPQ Al-Arasy Desa Patowonua, dan TPQ Sitti Tahahirah Kelurahan Lasusua. (Adv) (B)

Reporter: Muh. Risal H

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga