Perpustakaan Modern Sulawesi Tenggara Sudah Buka Layanan

Aris Mantobua, telisik indonesia
Selasa, 24 Mei 2022
0 dilihat
Perpustakaan Modern Sulawesi Tenggara Sudah Buka Layanan
Layanan ruang baca dan proses peminjaman buku sudah dilakukan di perpustakaan modern yang berada di Jalan Sao-sao, Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Foto: Aris Mantobua/Telisik

" Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulawesi Tenggara menyebutkan, banyak dari pengunjung belum mengetahui bahwa pelayanan ruang baca dan pinjam sudah dilakukan di perpustakaan moderen "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulawesi Tenggara menyebutkan, banyak dari pengunjung belum mengetahui bahwa pelayanan ruang baca dan pinjam sudah dilakukan di perpustakaan modern.

Pasca lebaran Idul Fitri, pelayanan para pengunjung terkait membaca dan meminjam buku di Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulawesi Tenggara dilakukan di perpustakaan modern.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulawesi Tenggara, Nur Saleh mengatakan, kegiatan membaca dan meminjam buku dilakukan di perpustakaan modern yang berada di Jalan Sao-sao, Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia.

"Walaupun pelayanan baca kami arahkan ke perpustakaan modern, tetapi di sini juga kami masih digunakan untuk keperluan administrasi," terangnya, Selasa (24/5/2022).

Tempat sama, Sekretaris Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulawesi Tenggara, Nurlena Harahab mengungkapkan, banyak dari masyarakat, mahasiswa dan pelajar tidak mengetahui bahwa pelayanan untuk membaca dan meminjam buku sudah dialihkan di perpustakaan modern.

Kurangnya informasi mengenai hal tersebut, membuat dari kalangan masyarakat umum, mahasiswa dan pelajar masih mendatangi perpustakaan daerah yang lama ini.

Baca Juga: Tegas, Belum Ada Agenda Pelantikan Pj Bupati Muna Barat dan Buton Selatan

"Mungkin kondisi pintu depan yang ada di perpustakaan modern tidak terbuka, sehingga banyak yang masih datang disini. Padahal untuk masuk ke dalam perpus, diakses melalui pintu samping dan belakang," terangnya.

Nurlena Harahap mengaku, saat pengunjung datang di perpustakaan lama berada di Jalan Abdul Silondae, pihaknya langsung mengarahkan untuk ke perpustakaan modern yang berada di Jalan Sao-sao, Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia.

Harapannya ke depan banyak pengunjung yang tau, terkait aktivitas ruang baca dan peminjaman buku sudah dilakukan di perpustakaan modern. Walau aktivitas sepenuhnya tidak di sana, tetapi proses rekap administrasi dari pengunjung masih di perpustakaan lama.

"Kiranya dalam waktu yang dekat, semua aktivitas perpustakaan bisa dilakukan di perpustakaan modern," harapnya.

Baca Juga: Ali Mazi Lantik Wali Kota Baubau dan Pj Bupati Buton Tengah

Sementara itu Nabila, pengunjung Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulawesi Tenggara yang lama mengatakan, dirinya ingin meminjam buku, tetapi ia diarahkan untuk ke perpustakaan modern.

"Tadi setelah masuk perpus, saya diarahkan untuk ke perpustakaan modern. Informasi yang belum ia dapat membuat tidak tau akan hal itu," katanya. (A)

Penulis: Aris Mantobua

Editor: Kardin

Baca Juga