Pertama di Indonesia, IGD COVID-19 Didirikan di Jatim

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 07 Desember 2020
0 dilihat
Pertama di Indonesia, IGD COVID-19 Didirikan di Jatim
Gubernur Khofifah bersama Dirut RSUD Dr. Soetomo Surabaya dr. Joni, meninjau IGD COVID-19. Foto: Ist.

" Secara prinsip saya mendukung inovasi dan upaya peningkatan kualitas layanan kesehatan yang makin merata. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Upaya untuk menekan pandemi COVID-19 di Jatim terus digulirkan. Selain mendirikan rumah sakit lapangan, Pemprov telah mendirikan Instalasi Gawat Darurat (IGD) khusus COVID-19 yang disiapkan di RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

Keberadaan IGD khusus COVID-19 tersebut merupakan pertama kalinya di Indonesia.

“IGD penyakit menular di RSUD Dr. Soetomo ini merupakan bagian dari hospital disaster plan tahap ketiga, yakni pengembangan IGD khusus COVID-19. Hospital disaster plan yang disiapkan RSUD Dr. Soetomo ini untuk memberikan penanganan sebaik mungkin apabila terjadi lonjakan pasien,“ kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Senin (7/12/2020).

Mantan Mensos ini mengatakan, di IGD COVID-19 ini nantinya, pasien yang masuk ke RSUD Dr. Soetomo akan dilakukan screening atau investigasi terlebih dahulu dengan penapisan melalui scoring system.

Scoring penapisan secara cepat melalui informasi dan data obyektif ini dilakukan untuk ketepatan diagnosa secara cepat dalam upaya keselamatan pasien, petugas, dan lingkungan rumah sakit.

Baca juga: Dua Hari Jelang Pencoblosan, Polda Jatim Terjunkan PAM Pilkada

“Kriteria scoring penapisan pasien terduga COVID-19 terbagi tiga yakni score 1-4 (resiko rendah), score 5-19 (resiko sedang), serta score lebih dari 20 (resiko tinggi). Pasien dengan score kurang dari 4 akan ditindaklanjuti di ruang khusus non menular. Sedangkan pasien dengan score lebih dari 4 akan ditindaklanjuti ke ruangan khusus menular,” tutur wanita yang juga Ketua Umum Muslimat NU ini.

Dengan adanya layanan ini, lanjut Khofifah, menjadi bagian dari upaya terintegrasi dalam meningkatkan  layanan RSUD Dr. Soetomo kepada pasien. Apalagi, hari-hari ini perlindungan konsumen mendapatkan ruang yang makin luas.

“Secara prinsip saya mendukung inovasi dan upaya peningkatan kualitas layanan kesehatan yang makin merata,” katanya.

Sementara itu, data dari pihak RSUD dr. Soetomo sarana yang terdapat di IGD COVID-19 tersebut telah disiapkan 163 bed dan yang sedang proses penyelesaian VIP sebanyak 6 bed. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga