Tujuh Hari Hilang, Basarnas Hentikan Pencarian Nelayan di Perairan Batu Atas Buton Selatan

Febriyani, telisik indonesia
Sabtu, 23 September 2023
0 dilihat
Tujuh Hari Hilang, Basarnas Hentikan Pencarian Nelayan di Perairan Batu Atas Buton Selatan
Tim gabungan saat melakukan pencarian seorang nelayan di Buton Selatan yang menghilang saat melaut di sekitaran pulau Batu Atas. Foto: Ist.

" Ops SAR hari ke tujuh terhadap seorang nelayan, asal Desa Tira, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton yang belum kembali dari melaut menggunakan longboat di perairan pulau Batu Atas, Kabupaten Buton Selatan "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Ops SAR hari ke tujuh terhadap seorang nelayan, asal Desa Tira, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton yang belum kembali dari melaut menggunakan longboat di perairan pulau Batu Atas, Kabupaten Buton Selatan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) kota Kendari, Muhamad Arafah mengatakan, hingga memasuki pukul 17.00 Wita, pencarian yang dilakukan oleh tim SAR gabungan dengan hasil nihil.

Ia menambahkan, Ops SAR telah memasuki hari ke-7 dan tidak ditemukannya tanda-tanda keberadaan korban serta hasil evaluasi dan koordinasi dengan pihak terkait termasuk keluarga korban, Ops SAR terhadap seorang yang belum kembali dari melaut dengan menggunakan longboat di sekitar perairan pulau Batu Atas dinyatakan ditutup, seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing.

Baca Juga: Gempa Bumi M 4,6 Guncang Buton Selatan, Berpusat di Laut

"Ops SAR resmi ditutup, mengingat pencarian sudah dilakukan selama sepekan ini, dan hasilnya tetap nihi. Ops SAR dapat dibuka kembali apabila ditemukan tanda-tanda keberadaan korban," jelas Arafah dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (23/9/2023).

Meski ditutup, keluarga tetap berharap korban kembali dalam keadaan selamat, segala upaya telah dilakukan.

"Kini pencarianya resmi ditutup, mau bagaimana, kami keluarga tetap berharap ada kabar baik, dan kami terus berdoa semoga ada jalan," ucap salah satu anggota keluarga, Wa Epi.

Baca Juga: DPRD Buton Setuju Raperda Pajak dan Retribusi Daerah jadi Perda

kronologi peristiwa bermula, bermula pada Sabtu, 16 September 2023 pukul 03.00 Wita, korban pergi melaut menggunakan longboat dari pelabuhan rakyat Desa Tira Buton Selatan menuju rompong kurang lebih 20 NM (sebelum pulau Batu Atas) di mana kebiasaan korban kembali dari melaut sore keesokan harinya.

Sebelumnya telah dilakukan pencarian oleh pihak keluarga dengan menggunakan 3 buah longboat, namun hingga kini korban belum ditemukan. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga