Pertama di Indonesia, Pelajar se-Sultra Buat Minyak Kelapa Massal

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Sabtu, 02 April 2022
0 dilihat
Pertama di Indonesia, Pelajar se-Sultra Buat Minyak Kelapa Massal
Gubernur Sultra, Ali Mazi (kiri) sedang melihat hasil pembuatan minyak kelapa yang dilakukan oleh SMAN 1 Kendari, di dampingi oleh Kadis Dikbud Sultra, Asrun Lio (dua dari kanan) dan Ketua DPD KNPI Sultra, Alvin Alkawijaya Putra (dua dari kiri). Foto : Muhammad Ilwanto/Telisik

" Pembuatan minyak kelapa yang dilakukan oleh seluruh SMA/SMK se-Sultra, merupakan yang pertama kali dilakukan di Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Pembuatan minyak kelapa yang dilakukan oleh seluruh SMA/SMK se-Sultra, Sabtu (2/4/2022). Itu merupakan yang pertama kali dilakukan di Indonesia. Hal itu melibatkan ribuan siswa-sisiwi untuk membuat minyak tradisional khas Indonesia.

Kegiatan tersebut merupakan gagasan dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sultra, yang bekerja sama lansung dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra.

Atas hal itu, Gubernur Sultra, Ali Mazi, mengapresiasi yang dilakukan oleh para siswa, di mana di tengah harga minyak yang melonjak tinggi, akibat kelangkaan selama beberapa bulan terakhir.

"Pastinya kita sangat bangga dengan apa yang dilakukan oleh para siswa, yang membuat minyak kelapa tradisional. Tentunya ini menjadi sebuah solusi, untuk menjawab tantangan kelangkaan dan mahalnya minyak goreng kemasan. Dengan beralih menggunakan minyak kelapa, yang selalu digunakan oleh orang-orang tua kita terdahulu," ungkapnya.

Politisi partai Nasdem tersebut mengungkapkan, rasa terima kasihnya kepada KNPI Sultra yang sudah menggagas kegiatan positif itu. Ini juga bisa menjadi sebuah pelajaran penting bagi siswa dan juga seluruh masyarakat.

Baca Juga: Siapkan 3.000 Tungku, Pelajar SMA/SMK se-Sultra Produksi Minyak Goreng

"Saya mengucapkan terima kasih dan bangga atas apa yang dilakukan oleh KNPI, mereka menjadi sebuah pelopor yang betul-betul memikirkan kepentingan rakyat. Saya juga salut kepada Kadis Dikbud, yang telah memberikan ruang dan pendidikan yang baik bagi anak-anak, sehingga mereka bisa begitu kreatif dan inovatif dalam berbagai hal," jelasnya.

Tempat sama, Kadis Dikbud Sultra, Asrun Lio mengatakan, ini menjadi sebuah langkah kongkrit dan tepat untuk mengembangkan dan meningkatkan skill para siswa melalui kegiatan seperti ini, yang melatih keterampilan siswa. Pembuatan minyak kelapa masal ini, merupakan yang pertama kalinya dilakukan di Indonesia, dengan melibatkan siswa-sisiwi.

"Kami pastinya sangat senang bisa dilibatkan dengan kegiatan ini, terlebih para siswa-siswi SMK/SMA dilibatkan secara penuh dalam kegiatan pembuatan minyak kelapa secara massal," katanya.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Sultra, Alvin Alkawijaya Putra menjelaskan, kegiatan tersebut didasari akibat terjadinya kelangkaan dan mahalnya minyak goreng, yang sangat menyulitkan masyarakat terutama para Ibu rumah tangga.

Baca Juga: 732 Buah Kelapa Diolah Siswa SMA/SMK Buteng, Produksi Minyak Kelapa Secara Massal

"Sehingga ini menjadi sebuah alternatif pas untuk mengantisipasi hal tersebut, dengan pembuatan minyak kelapa yang diharapakan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Terlebih sekarang akan memasuki bulan suci," jelasnya.

Lanjut dia, ke depannya akan terus mengadakan berbagai kegiatan positif, yang mampu memberikan kontribusi baik bagi masyarakat.

"Kami akan lihat, jika kegiatan ini mendapatkan respon baik di masyarakat. Artinya mereka sangat terbantu dengan apa yang dihasilkan dari kegiatan ini. Maka bukan tidak mungkin, aksi-aksi seperti ini, akan terus berlanjut," ujarnya. (A)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Kardin

Baca Juga