Pertama Kali Digelar, Gubernur Khofifah Lepas Mudik Gratis Jakarta-Jatim

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Rabu, 27 April 2022
0 dilihat
Pertama Kali Digelar, Gubernur Khofifah Lepas Mudik Gratis Jakarta-Jatim
Gubernur Khofifah melepas peserta mudik gratis Jakarta-Jatim. Foto: Ist.

" Dengan menggunakan 10 armada bus, 431 pemudik diberangkatkan secara resmi oleh Gubernur Khofifah dari halaman Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia, Jakarta "

SURABAYA, TELISIK.ID - Untuk pertama kalinya Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Mudik Bareng Gratis dengan rute Jakarta-Jatim.

Secara khusus Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberangkatkan sebanyak 431 pemudik dari Jakarta dan sekitarnya untuk pulang kampung ke Jawa Timur, Rabu (26/4/2022).

Dengan menggunakan 10 armada bus, sebanyak 431 orang pemudik tersebut diberangkatkan secara resmi oleh Gubernur Khofifah dari halaman Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia, Jakarta.

Program Mudik Bareng Gratis dari Jakarta ke Jatim ini melengkapi program Mudik Bareng Gratis dengan tujuan antar kota dalam provinsi yang telah ada tahun-tahun sebelumnya.

"Alhamdulillah, ini pertama kalinya kita menggelar Mudik Bareng Gratis dari Jakarta ke Jatim. Pemudik difasilitasi untuk pulang kampung ke 18 daerah di Jawa Timur," tegasnya.

Sebelum pemberangkatan, Gubernur Khofifah juga menyempatkan diri mengecek kesiapan bus dan berbincang dengan para pengemudi, maupun pemudik yang mengikuti kegiatan mudik gratis sebelum diberangkatkan.

Baca Juga: Kelompok Tani Padaidi Manfaatkan Irigasi Program PKPM PT Vale

"Harapan kita bisa dibayangkan, kalau semua bawa mobil pribadi justru akan memberikan ruang bagi kemacetan. Dengan adanya mudik gratis ini tentunya akan mengurangi kemacetan," ujar Khofifah.

Lebih lanjut mantan Menteri Sosial RI ini juga menyampaikan, mudik gratis ini juga sekaligus membangun silahturahmi antar sesama warga Jawa Timur yang mengadu nasib di Jakarta.

Baca Juga: OPD Dikerahkan Tangani Persoalan Sampah di Muna

"Ada rumpun Madiun Raya, bisa bersilahturahmi karena bertemu di armada bis mudik. Lebih dari itu ini merupakan pelayanan publik Pemprov Jatim kepada warga yang ada di Jakarta. Bahagia mereka, bahagia kita semua," ujarnya.

Tak hanya mudik gratis Jakarta-Jawa Timur, Khofifah juga mengatakan, di area Jawa Timur sendiri Pemprov Jatim juga menyelenggarakan mudik gratis dengan menyediakan 100 bis dengan tujuan 15 kabupaten/kota. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga