Pertarungan Politik Semakin Sengit, DPRD Kota Kendari Minta Masyarakat Bijak Pilih Pemimpin

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 14 Desember 2023
0 dilihat
Pertarungan Politik Semakin Sengit, DPRD Kota Kendari Minta Masyarakat Bijak Pilih Pemimpin
Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan, mengingatkan masyarakat agar memilih pemimpin secara bijak. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Pertarungan politik di Pemilu 2024 sudah terasa, bahkan para caleg mulai mencari suara dan simpati masyarakat agar dapat duduk di kursi dewan "

KENDARI, TELISIK.ID - Pertarungan politik di Pemilu 2024 sudah terasa, bahkan para caleg mulai mencari suara dan simpati masyarakat agar dapat duduk di kursi dewan.

Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan menuturkan, dalam pemilu penting untuk tetap cerdas dan bijaksana dalam memberikan suara, mencari informasi tentang kandidat dan isu-isu yang dipertaruhkan sangat penting.

Perlu menganalisis, membandingkan, dan mempertimbangkan dengan cermat sebelum membuat keputusan sangat dianjurkan. Selain itu, memilih berdasarkan prinsip, kebutuhan masyarakat, dan kepentingan bersama juga menjadi faktor penting.

"Saya rasa masyarakat sekarang sudah cerdas, tentu tiap masyarakat perlu memperhatikan visi dan misi dari masing-masing kandidat," bebernya saat dihubungi Telisik.id melalui sambungan telepon, Kamis (14/12/2023).

Baca Juga: KPU Sulawesi Tenggara Beber Batasan Kampanye Pemilu 2024

Senada, Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari, LM Rajab Jinik mengatakan, saat ini visi misi yang ia bawa tak ada bedanya dengan 5 tahun lalu, yaitu mengenai infrastruktur, fasilitas kesehatan, pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya di Komisi III DPRD Kota Kendari.

"Saya rasa untuk maju kembali, masyarakat bisa melihat dengan aksi nyata apa yang sudah kami lakukan, bahkan sekalipun ada keluhan yang bukan dapil kami, tetap kami prioritaskan," bebernya pada beberapa waktu lalu.

Pemilihan yang cerdas dan terinformasi di Pemilu 2024, memiliki dampak yang besar pada arah dan kebijakan negara. Ada beberapa alasan mengapa masyarakat perlu cerdas dalam memilih:

1. Mengarahkan masa depan negara

Pilihan yang dibuat dalam pemilu akan memengaruhi kebijakan dan arah negara dalam beberapa tahun ke depan. Masyarakat yang cerdas dalam memilih dapat membantu menentukan masa depan negara.

2. Mempertahankan prinsip demokrasi

Memilih dengan cerdas adalah bagian penting dari proses demokrasi. Ini adalah cara untuk menyuarakan kebutuhan, keinginan, dan pandangan masyarakat yang akan diwakili oleh pemimpin yang dipilih.

3. Menyuarakan isu-isu yang penting

Dengan memilih secara cerdas, masyarakat dapat menyuarakan isu-isu yang mereka anggap penting, seperti pendidikan, ekonomi, lingkungan, dan kesehatan. Ini memastikan bahwa suara mereka terdengar dan dipertimbangkan oleh para pemimpin yang terpilih.

Baca Juga: TPN Ganjar-Mahfud Sebut Prabowo Tak Merepresentasikan Semangat Jokowi, Anies Dinilai Lebih Unggul

4. Mengurangi ketimpangan dan perselisihan

Pemilihan yang cerdas dapat membantu mengurangi ketimpangan sosial dan politik. Dengan memilih pemimpin yang memiliki visi inklusif dan kemampuan untuk mempersatukan, masyarakat bisa mengurangi potensi konflik dan perselisihan.

5. Keterlibatan dalam proses politik

Melalui pemilihan yang cerdas, masyarakat dapat lebih terlibat dalam proses politik. Ini tidak hanya mencakup memilih kandidat yang dianggap tepat, tetapi juga memantau kinerja mereka dan memberikan masukan bagi pembangunan yang lebih baik.

Ketika masyarakat memilih secara cerdas, hal ini bukan hanya tentang pemilihan individu tertentu, tetapi juga tentang memberikan kontribusi yang signifikan untuk kemajuan dan keberlangsungan negara secara keseluruhan. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga