Petugas Pengangkut Sampah Tak Perlu Risau, DLHK Upayakan Kenaikan Gaji 2022

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 03 Juni 2021
0 dilihat
Petugas Pengangkut Sampah Tak Perlu Risau, DLHK Upayakan Kenaikan Gaji 2022
Petugas pemungut sampah. Foto: Repro Blogspot

" Zulkarnaim mengungkapkan, akan mengusahakan peningkatan kualitas gaji dan fasilitas lainnya bagi petugas pengangkut sampah "

KENDARI, TELISIK.ID - Petugas pengangkut sampah akan menjadi perhatian DLHK Kendari untuk menunjang fasilitas dan gajinya.

Kepala Bidang (Kabid) Persampahan dan Pengelolaan Limbah B3, Zulkarnaim mengungkapkan, akan mengusahakan peningkatan kualitas gaji dan fasilitas lainnya bagi petugas pengangkut sampah.

"2019 kalau ndak salah sudah naik dan kita usahakan di 2022 itu akan ada, nanti kita usul," ungkapnya, Kamis (3/6/2021).

Zulkarnaim menambahkan, saat ini petugas pengangkutan sampah berjumlah 212 orang.

"Supir jumlahnya 54 orang dan anggotanya itu 212 orang yang siap menjalankan pengangkutan sampah mulai dari pukul 5 pagi," tambahnya.

Baca Juga: Demi Kota Tidak Kumuh, Petugas Kebersihan Rela Tak Punya Hari Libur

Sedangkan untuk jumlah armada pengangkut sampah saat ini 38 unit.

"Dump truck itu 34 kemudian yang amrol itu 4," katanya.

Sebelumnya, berbagai upaya dilakukan pemerintah Kota Kendari menangani persoalan sampah, salah satunya menambah jumlah armada dan peningkatan kesejahteraan para petugas pengangkut sampah.

Sekretaris Daerah Kota Kendari Nahwa Umar mengatakan, persoalan sampah masih menjadi perhatian pemerintah Kota Kendari. Tahun 2021 ini pemerintah Kota Kendari akan menambah sebanyak 10 unit amrol dan truk pengangkut sampah.

Baca Juga: Dapat Restu Kementerian, Pemkot Kendari Segera Poles Kawasan Kumuh di Puday-Lapulu

“Pengadaan alat pengangkut sampah termasuk tahun ini ada 10 buah amrol dan ada mobil truknya, selain itu di akhir tahun 2020 kita adakan motor penyiram taman,” ungkapnya.

Tak hanya penambahan fasilitas, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari juga meningkatkan kesejahteraan para petugas pengangkut sampah. (B-Adv)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga