Piala Dunia U-20 2023, Timnas Indonesia Boleh Diperkuat Pemain Naturalisasi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 29 Juni 2022
0 dilihat
Piala Dunia U-20 2023, Timnas Indonesia Boleh Diperkuat Pemain Naturalisasi
Para pemain muda Tanah Air menjalani pemusatan latihan untuk memperkuat Timnas Indonesia. Foto: Repro tribunnews.com

" PSSI serta Pelatih Shin Tae-yong mendapat lampu hijau untuk menaturalisasi pemain, khususnya untuk memperkuat Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023 "

JAKARTA, TELISIK.ID - PSSI serta Pelatih Shin Tae-yong mendapat lampu hijau untuk menaturalisasi pemain, khususnya untuk memperkuat Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023.

Kabar tersebut disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Menurutnya, saat ini pihaknya menunggu permintaan dari PSSI, tentunya setelah berembuk dengan Shin Tae-yong, untuk menaturalisasi pemain.

"Kita menunggu. Saya kan di sini cuma melengkapi secara administrasi tidak menentukan kualifikasi teknis," kata Zainudin Amali saat ditemui di Gedung Kemenpora, dikutip dari Suara.com, pada Selasa (28/6/2022).

"Itu (naturalisasi) biar urusan pelatih dan federasi (PSSI). Apa yang diminta federasi itu yang akan kami beri dukungan," terangnya.

Hanya saja hingga saat ini, Pelatih asal Korea Selatan itu belum mengajukan nama-nama pemain untuk dinaturalisasi, khususnya untuk Piala Dunia U-20 2023. Meski sudah ada beberapa pemain asal Belanda yang kemampuannya dijajal.

Baca Juga: Optimis Sepakbola Indonesia Bakal Maju, Ini Kata Ronaldinho

Mereka adalah Kai Davy Boham, Max Christoffel dan Jim Croque. Ketiganya sempat turut serta dalam training camp (TC) Timnas Indonesia U-19 jelang bergulirnya Piala AFF U-19 2022.

Namun demikian, belum diketahui bagaimana nasib ketiga pemain keturunan tersebut. Sampai dengan saat ini Shin Tae-yong belum mengambil keputusan.

Baca Juga: Persiapan Porprov 2022, Dispora Buton Lakukan Seleksi Atlet

Dikutip dari cnnindonesia.com, FIFA belum lama ini mengumumkan Piala Dunia U-20 Indonesia akan dihelat mulai 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Seluruh rangkaian pertandingan bakal digelar di enam kota terpilih.

Piala Dunia U-20 Indonesia akan melibatkan 24 tim di putaran final. Selain Indonesia, sebanyak 23 tim lainnya harus berebut tiket dari enam kompetisi kontinental secara terpisah. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Musdar

Baca Juga