Pilkades Serentak di Kolaka Utara Sedot Anggaran Rp 2,4 Miliar

Muh. Risal H, telisik indonesia
Sabtu, 29 April 2023
0 dilihat
Pilkades Serentak di Kolaka Utara Sedot Anggaran Rp 2,4 Miliar
pilkades serentak di Kabupaten Kolaka Utara telah terdistribusi hari ini. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Pemilihan kepala desa (pilkades) 2023 di Kabupaten Kolaka Utara menghabiskan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 2,4 miliar "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemilihan kepala desa (pilkades) 2023 di Kabupaten Kolaka Utara menghabiskan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 2,4 miliar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Patehuddin mengungkapkan, anggaran miliaran rupiah tersebut digunakan untuk keperluan penyediaan logistik pilkades seperti kotak suara, surat suara, honor panitia pilkades serta keperluan lainnya.

“Anggaran yang disiapkan untuk penyelenggaraan pilkades itu sekitar Rp 2,4 miliar," terangnya, Sabtu (29/4/2023).

Baca Juga: Sandiaga Uno Habiskan Uang Rp 1 Triliun di Pilpres 2019, Kekayaannya Tidak Goyang

Kata dia, penyelenggaraan pilkades serentak tahun ini merupakan kali ketiga digelar di wilayah Kolaka Utara dengan jumlah wajib pilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 44.818.

"Kotak suara sebanyak 292 buah dan surat suara sejumlah 44.818 lembar ditambah 2,5 persen cadangan dan kebutuhan lainnya," rincinya.

Kadis PMD berharap proses pemungutan suara besok berjalan lancar dan menghasilkan pemimpin yang terbaik untuk masyarakat desa di Kabupaten Kolaka Utara.

"Penetapan pemenangnya diupayakan hari itu juga," tukasnya.

Ketua panitia pilkades tingkat Kabupaten Kolaka Utara, Muchlis Bahtiar menuturkan, logistik pilkades telah didistribusikan ke kecamatan, lalu pihak kecamatan akan mendistribusikan ke desa-desa yang menggelar pilkades.

"Logistik pilkades didistribusikan pagi ini, start mulai Kecamatan Porehu dan Tolala disusul kecamatan lain," jelasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, jika pilkades serentak kali ini terdapat 67 Tempat Pemungutan Suara (TPS) setiap desa terdapat 1 TPS.

"Hanya Desa Potowanua dan Desa Lambai yang masing-masing 2 TPS.

Di setiap TPS terdapat kotak suara sesuai jumlah dusun di desa masing-masing," imbuhnya.

Baca Juga: Serangan Fajar di Pilkades Kolaka Utara Dikabarkan Tembus Rp 1,5 Juta Per Suara

Sementara itu pihak percetakan, Rifaldhy Kaso mengatakan, kotak suara yang disiapkan terbuat dari bahan kardus (karton) yang luarnya dilapisi bahan seperti plastik serta terdapat label berbentuk stiker pilkades serentak Kabupaten Kolaka Utara tahun 2023.

"Untuk kertas surat suara yang sudah tercetak berdasarkan data DPT yang masuk ditambah kertas surat suara cadangan 2,5 persen," kata dia.

Diketahui, pemungutan suara pada Pilkades serentak di Kolaka Utara digelar Minggu 30 April 2023 besok. Diikuti 162 calon kepala desa yang di 67 desa. (A)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga