PJ Bupati Buton Tengah Prioritaskan Pencegahan Peredaran TBC

Mutarfin, telisik indonesia
Jumat, 14 Oktober 2022
0 dilihat
PJ Bupati Buton Tengah Prioritaskan Pencegahan Peredaran TBC
Pj Bupati Buton Tengah, Muh Yusup saat melakukan pengecekan data persebaran TBC di Puskesmas Kecamatan Gu. Foto: Mutarfin/Telisik

" Pj Bupati Buton Tengah, Muh Yusup melakukan tindakan serius dalam hal pencegahan program penularan Tuberkulosis atau TBC di wilayah Kabupaten Buton Tengah "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Pj Bupati Buton Tengah, Muh Yusup melakukan tindakan serius dalam hal pencegahan program penularan Tuberkulosis atau TBC di wilayah Kabupaten Buton Tengah.

Muh Yusup menyatakan, tim kesehatan harus pro aktif menginformasikan kepada masyarakat tetkait tentang bahaya TBC dan beredarannya.

"TBC ini sangat berbahaya dan informasi yang saya dapatkan bahwa penyakit TBC paling banyak di Buton Tengah, kenapa seperti ini, berarti ada pola hidup yang tidak sehat," ungkapnya, Jumat (14/10/2022).

Baca Juga: Data 350 Honorer Satpol PP Muna Tuntas Terinput di Portal BKN

Ia juga menghimbau pada tenaga kesehatan harus serius dan gerak cepat dalam hal pencegahan, pengobatan dan harus diedukasi pada masyarakat bahwa penularannya TBC sangat cepat.

Pj Bupati Buton Tengah, Muh Yusup saat melakukan pengecekan data persebaran TBC di Puskesmas Kecamatan Gu. Foto: Mutarfin/Telisik

 

"TBC ini kan penularannya cepat sekali,  takutnya karena beberapa orang satu kecamatan kena TBC" jelasnya.

Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan Buton Tengah, Kasman menjelaskan, proses penurunan TBC sudah merupakan program dan kewajiban dinas kesehatan.

"Ada beberapa program kami, salah satunya  kita pertemuan pada dokter, programer IDI, puskesmas, kemudian kita libatkan kader sebagai pemantau kegiatan di lapangan dalam hal proses pencegahan TBC," jelasnya.

Baca Juga: Pj Bupati Muna Barat Canangkan Pasar Sentral

Ia berharap pada masyarakat untuk secara aktif selalu melakukan pengecekan kesehatan pada rumah sakit atau pun puskesmas terdekat, apabila merasakan ada gejala-gejala dan tak lupa menjaga pola hidup sehat.

"Saya kira kita himbau pada masyarakat yang ada gegala pada saluran pernapasan untuk secepat mungkin melakukan pengecekan kesehatan agar didiagnosa apakah dia masuk dalam kategori TBC apa bukan," paparnya. (B-Adv)

Penulis: Mutarfin

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga