Sejumlah Tokoh Bakal Ramaikan Pilkada Buton Selatan, Mulai Politisi hingga Budayawan

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Sabtu, 23 Maret 2024
0 dilihat
Sejumlah Tokoh Bakal Ramaikan Pilkada Buton Selatan, Mulai Politisi hingga Budayawan
Budayawan La Ode Alirman (kiri atas), mantan Sekda Baubau dan Muna Muhammad Djudul (tengah atas), La Ode Budiman (kanan atas), Ketua DPC PKS Busel La Muhadi (kiri bawah), Ketua DPC Hanura Busel Aliadi (tengah bawah), Ketua DPC Demokrat Busel Pomali Womal (kanan bawah). Foto: Ist.

" Sejumlah figur, mulai dari tokoh politik hingga budayawan, bahkan mantan Pj bupati, disebut-sebut akan meramaikan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buton Selatan November 2024 "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Menuju Pilkada Buton Selatan, sejumlah figur mulai dari tokoh politik hingga budayawan, bahkan mantan Pj bupati, disebut-sebut akan meramaikan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buton Selatan November 2024.

Deretan nama-nama yang sudah mulai mencuat di antaranya adalah La Ode Budiman yang saat ini masih menjabat sebagai Pj Bupati Buton Selatan. Ada pula nama Muhammad Faisal mantan Pj Bupati Buton Selatan Tahun 2015 hingga tahun 2016. Kemudian Muhammad Djudul, mantan Sekda Kota Baubau dan Kabupaten Muna.

Sedangkan beberapa nama Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) partai politik di Buton Selatan, yang akan meramaikan bursa bakal calon bupati dan wakil bupati seperti H. Pomili Womal Ketua DPC Partai Demokrat Buton Selatan, H. Adios Ketua DPC Partai Gerindra Buton Selatan, La Muhadi Ketua DPC PKS Buton Selatan, dan Aliadi Ketua DPC Partai Hanura Buton Selatan.

Tak mau ketinggalan dari para Ketua DPC partai politik Buton Selatan, tiga mantan anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara yang juga bakal meramaikan bursa bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Buton Selatan yaitu Yaudu Salam Ajo, Wa Ode Hasnawati serta Muntanafas.

Juga ada beberapa nama dari kalangan birokrasi, praktisi, hingga budayawan. Beberapa nama tersebut yakni, H. Samirudin (birokrasi), La Ode Budi (praktisi), Rusyamin (praktisi), serta La Ode Alirman (budayawan).

Baca Juga: Lima Partai Non Seat di Buton Dukung Arimusdi - Rafiun pada Pilkada 2024

Mencuat juga nama lain yang digadang-gadang berpeluang ikut serta meramaikan Pilkada Buton Selatan yaitu La Hardin Pj Sekda Buton Selatan saat ini, La Ode Firman Hamza Kepala BPKSDM Buton Selatan, La Ode Harwanto juga dari kalangan birokrasi, hingga La Baco yang merupakan purnawirawan Polri, bakal mewarnai kontestasi politik lima tahunan tersebut.

Ada pula beberapa politisi PDIP Buton Selatan seperti H. La Harnu, La Ode Risawal, Wa Ode Ruhania Arusani, hingga Karlina Sukarman. Kemudian diikuti juga oleh  beberapa politisi dari partai lain, di antaranya LM Amal (politisi Hanura), H. La Opo (politisi PKB).

Kemudian Ketua DPRD Buton Selatan, La Ode Armada, Asman Hamidu (aktifis) dan Hardodi (advokat) juga disebut akan mewarnai pemilihan kepala daerah Buton Selatan.

Ketua KPU Buton Selatan Hastun, menyampaikan bahwa KPU-RI secara resmi telah menerbitkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024.

Kata dia, bedasarkan keputusan yang ditandatangani oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, pemilihan kepala daerah (pilkada) akan dilaksanakan secara serentak pada Rabu, 27 November 2024.

Baca Juga: Jelang Pilkada 2024, Arimusdi dan Rafiun Sambangi Warga Buton

Sementara itu, Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Buton Selatan, Deni Djohan menerangkan bahwa saat ini tahapan pilkada telah memasuki pendaftaran bakal calon independen. Pada kesempatan tersebut pihaknya berjanji akan memaksimalkan pelayanan dan demokrasi di Buton Selatan.

"Iya benar Rabu 27 November 2024, kurang lebih tujuh bulan lagi," kata Deny Djohan saat dikonfirmasi awak media, Sabtu (23/3/2024).

Meskipun demikian, nama-nama bakal calon bupati dan wakil bupati tersebut masih dapat berubah. Adalah hal yang wajar apabila sederet nama-nama tersebut dianggap berpotensi maju pada kontestasi pilkada, pasalnya nama-nama tokoh tersebut memiliki track record yang baik dan popularitas di mata masyarakat Buton Selatan, sehingga cukup diperhitungkan. (B)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga