Pj Bupati Kolaka Utara, Bombana dan Buton Diproses Kemendagri, Intip Bocoran Nama

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 21 Agustus 2023
0 dilihat
Pj Bupati Kolaka Utara, Bombana dan Buton Diproses Kemendagri, Intip Bocoran Nama
Kepala Biro Pemerintahan Setda Sulawesi Tenggara, Muliadi mengatakan, untuk periode Agustus ini Pj bupati 3 daerah sementara berproses. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Tiga kepala daerah di Sulawesi Tenggara berakhir Agustus ini. Mereka adalah Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Parinringi, Pj Bupati Bombana, Burhanuddin dan Pj Bupati Buton, Basiran "

KENDARI, TELISIK.ID - Tiga kepala daerah di Sulawesi Tenggara berakhir Agustus ini. Mereka adalah Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Parinringi, Pj Bupati Bombana, Burhanuddin dan Pj Bupati Buton, Basiran.

Diketahui ketiganya dilantik menjadi Pj oleh Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi pada Rabu (24/8/2022) lalu. Kepala Biro Pemerintahan Setda Sulawesi Tenggara, Muliadi mengatakan, untuk periode Agustus ini sudah sementara berproses.

Selain DPRD kabupaten/kota, Muliadi mengatakan, gubernur juga memiliki ruang untuk mengusulkan Pj bupati atau Pj wali kota. Mengenai usulan gubernur terkait siapa saja pengganti, ia enggan menyebut nama dan bocoran Pj bupati yang sebentar lagi bakal berganti.

"Yang jelas tanggal 22 atau 23 Agustus sesuai berita acara pelantikan tiga kabupaten. Kita menunggu saja surat keputusan pengangkatan Pj Bupati Buton, Bombana dan Kolaka Utara," bebernya pada beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Program Ketahanan Pangan Raih Rekor Muri, Yusmin: Ke Depan Tanam Buah-buahan

Saat dicecar pertanyaan oleh wartawan mengenai nama-nama dari ketiga usulan itu, ia menyebut nama tersebut sedang digodok.

"Nama-namanya kita belum tahu, karena digodok. Inikan tiga komponen yang mengusulkan," tambahnya.

Pengamat politik, M Najib Husain menilai dari pengalaman sebelumnya, ketiga jalur (DPRD, pemprpv dan Kemendagri) memiliki potensi siapa yang bakal menjadi Pj bupati.

"Tinggal bagaimana kekuatan lobi yang dilakukan oleh pemda terhadap orang-orang yang diusul. Jadi tidak sekedar menyetor nama tapi memenuhi syarat adm dan jelas rekam jejak kepemimpinan selama ini oleh publik dan terakhir harus tetap dikawal," bebernya.

Baca Juga: Gaji ASN di Sulawesi Tenggara Bakal Naik, Intip Jadwalnya

Ia berharap, Pj bupati yang terpilih dan dilantik adalah independen, tak ada kepentingan dengan partai manapun dan tak ada kecenderungan dengan pihak manapun.

"Memasuki tahun politik, sangat sulit terpisahkan antara intervensi dari parpol dengan proses tata pemerintahan daerah. Dan itu yang harus dijaga dan betul-betul netral dan punya pengalaman birokrasi," tambahnya.

Untuk Pj Bupati Buton sendiri, nama Sekretaris DPRD (Sekwan) Sulawesi Tenggara, Laode Mustari menguat setelah Basiran melalui media sosial Instagramnya mengucapkan selamat.

Sementara untuk Kolaka Utara, nama Asisten III (Administrasi Umum) Sekretaris Daerah Sulawesi Tenggara, Sukanto Toding, menguat menggantikan Parinringi sebagai Pj bupati.  (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga