Pj Bupati Muna Barat Tekankan Mahasiswa Kolaborasi Bangun Daerah

Rasmin Jaya, telisik indonesia
Minggu, 26 Februari 2023
0 dilihat
Pj Bupati Muna Barat Tekankan Mahasiswa Kolaborasi Bangun Daerah
Pj Bupati Muna Barat tekankan pelajar dan mahasiswa tentang pentingnya melakukan kolaborasi untuk membangun daerah. Foto: Rasmin Jaya/Telisik

" Dalam mendorong pencepatan pembangunan dan perekonomian Kabupaten Muna Barat, dibutuhkan program gagasan dan ide dari pelajar dan mahasiswa "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam mendorong pencepatan pembangunan dan perekonomian Kabupaten Muna Barat, dibutuhkan program gagasan dan ide dari pelajar dan mahasiswa.

Olehnya, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri menekankan pentingnya kolaborasi mahasiswa untuk membangun daerah. Sehingga apa yang menjadi harapan bisa terealisasikan dengan baik dan tepat sasaran untuk kesejahteraan masyarakat ke depan.

Bahri mengatakan, pembangunan daerah dan percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat, sangat dibutuhkan peran generasi muda dalam membantu kerja pemerintah daerah.

Baca Juga: Sejumlah Pelajar SMA di Kendari Diamankan Polisi Gegara Terlibat Tawuran

"Kita butuh kerja sama untuk membangun Muna Barat. Saya ingin pelajar dan mahasiswa terus mengembangkan kualitas berorganisasi untuk estafet kepemimpinan Muna Barat ke depan," ujar Bahri dalam kongres kelompok prlajar dan mahasiswa Muna Barat di Hotel Athaya Kota Kendari, Minggu (26/2/2023).

Tak hanya itu, ia juga menekankan kehadiran pelajar dan mahasiswa harus bisa menjadi mitra kritis pemerintah. Harus ada kontrol pemerintah agar tidak berbuat semaunya, jika pemerintah dibiarkan maka akan berpotensi melakukan tindakan korupsi kolusi dan nepotisme (KKN).

"Saya ingin ada perhatian dan kontribusi pemerintah daerah terhadap peningkatan sumber daya manusia (SDM) sebagai wadah pembinaan dan peningkatan kapasitas. Makanya harus dipersiapkan agar bisa menguasai segala lini dengan adanya peluang bonus demografi," tambahnya.

Terbentuknya kelompok pelajar dan mahasiswa Muna Barat tentunya bisa mewadahi kegiatan kosma dan tidak ada kepentingan politik tahun 2024 sedikit pun.

"Saya berharap pemuda bisa menjadi mitra kritis pemerintah sekaligus mendukung program yang bisa menumbuhkan pembangunan dan perekonomian daerah," tuturnya.

Sementara Ketua panitia, Andi Zulfitra mengatakan, apapun yang terjadi di internal pelajar dan mahasiswa Muna Barat harus dikesampingkan egoisme wilayah dan kepentingan pribadi.

Apa lagi pelajar dan mahasiswa Muna Barat terdiri dari tiga wilayah komponen besar, yakni Kecamatan Lawa raya, Kusambi raya dan Tiworo raya.

Baca Juga: Peluang Kerja Warga Kota Kendari di J.C.O Donuts and Cafe

"Makanya harus kita berkolaborasi demi pembangunan Muna Barat ke depan, apa lagi dengan adanya pertemuan ini, salah satu momentum besar dan bersejarah," katanya.

Harapannya generasi muda bisa memberikan ide dan gagasanya untuk program pemerintah yang lebih baik.

Meski sempat ada kericuhan akibat sesama pelajar dan mahasiswa saling adu jotos tetapi bisa diminimalisir dengan baik. (B)

Penulis: Rasmin Jaya

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga