Kepala OPD Kota Kendari Bakal Jalani Audit dan Asesmen

Musdar, telisik indonesia
Sabtu, 22 Oktober 2022
0 dilihat
Kepala OPD Kota Kendari Bakal Jalani Audit dan Asesmen
PJ Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu akan mengaudit dan mengasesmen seluruh kepala OPD lingkup Kota Kendari. Foto: Ist.

" Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu nampaknya akan melakukan penataan birokrasi. Langkah yang dilakukan, seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan diaudit dan diasesmen "

KENDARI, TELISIK.ID - Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu nampaknya akan mulai melakukan penataan birokrasi. Langkah yang dilakukan, seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan diaudit dan diasesmen.

"Bukan hanya uji kompetensi, tapi kita akan melakukan audit dan self assessment, supaya saya bisa mengetahui dari titik mana saya bisa merangkak," ucap Asmawa Tosepu, Sabtu (22/10/2022).

Saat media menanyakan, apakah ada laporan bahwa pengangkatan kepala OPD di masa pemerintahan Wali Kota Sulkarnain Kadir tidak sesuai aturan dan pejabat menempati posisi kepala OPD tidak sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, sehingga Pj mau mengaudit dan mengasesmen para kepala OPD, Asmawa mengaku tidak ada laporan perihal tersebut.

Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengungkapkan, langkah Pj wali kota tersebut sudah sesuai dengan kewenangannya.

Baca Juga: 3 Bulan Masuk Docking, KFC Jetliner Belum Berlayar

Baca Juga: Sulawesi Tenggara Tuan Rumah Rakornas KPU, PHRI Bangkitkan Okupansi Hotel hingga Restauran

Dikatakan, berdasarkan undang-undang, kewenangan Pj kepala daerah dan kepala daerah definitif tak jauh berbeda. Perbedaan keduanya hanya terletak pada metode pemilihan yakni pemilihan kolektif dan penunjukan.

"Tapi kami berharap ini menjadi motivasi buat semua kepala OPD yang ada untuk memperbaiki kinerja," ucap Subhan. (B)

Penulis: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga