PKS Diprediksi Terdepak dari Partai Penguasa di Kendari

Musdar, telisik indonesia
Minggu, 31 Juli 2022
0 dilihat
PKS Diprediksi Terdepak dari Partai Penguasa di Kendari
PKS diprediksi tidak lagi akan menjadi partai penguasa di Kota Kendari 2024 mendatang. Foto: Ist.

" Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diprediksi terdepak sebagai partai penguasa di Kota Kendari pada kontestasi 2024 mendatang "

KENDARI, TELISIK.ID - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diprediksi terdepak sebagai partai penguasa di Kota Kendari pada kontestasi 2024 mendatang.

Pengamat politik Sulawesi Tenggara, Dr. M Najib Husain melihat kehadiran sejumlah partai baru termasuk Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia yang lahir dari konflik internal PKS menjadi ancaman serius bagi PKS dalam mempertahankan posisinya.

Dengan dinamika yang ada menjadikan PKS di 2024 berbeda dengan 2019. Sebab pada 2024, partai yang dikomandoi Andi Mansyur sebagai Ketua DPD PKS Kota Kendari, akan berhadapan dengan kadernya yang beralih memilih Gelora atau partai lain.

"Dengan pecahnya PKS dan kemudian lahirnya partai baru, kalau menurut saya warna lain akan muncul di 2024," ucap Najib, Minggu (31/7/2022).

Najib melihat dari dinamika yang terjadi di Internal PKS telah dijawab oleh sejumlah lembaga survei yang menempatkan elektabilitas PKS di Kota Kendari di urutan kelima.

Baca Juga: KPU Buka Pendaftaran Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

Seperti survei Lingkaran Survei Sulawesi yang digelar 26 Mei hingga 4 Juni 2022, PKS menempati urutan kelima. Tak hanya elektabilitas parpol, PKS juga menempati urutan kelima survei kedekatan dengan parpol.

"Kalau kita membandingkan hasil survei dengan posisi PKS sekarang sebagai partai penguasa di Kota Kendari, itu menjadi sebuah jawaban bahwa ada yang perlu diperbaiki dalam internal PKS," ungkapnya.

Ketua DPD PKS Andi Mansyur bertekad mempertahankan posisi Ketua DPRD Kota Kendari. Tak tanggung-tanggung, PKS menargetkan 15 dari 35 kursi di DPRD Kota Kendari.

Baca Juga: KPU Kendari Tetapkan DPB, Jumlah Pemilih Bertambah

"InsyaAllah kita akan konsentrasi di aleg dengan merebut 15 kursi," kata Andi Mansyur.

Saat ini PKS menduduki posisi ketua karena memperoleh 7 kursi pada Pileg 2019 lalu. Tak hanya Ketua DPRD, PKS juga menempatkan kadernya sebagai wali kota pada Pilkada Kota Kendari 2017 lalu. (B)

Penulis: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga