Polda Sumut Selidiki Penyebab Kelangkaan BBM

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Sabtu, 16 Oktober 2021
0 dilihat
Polda Sumut Selidiki Penyebab Kelangkaan BBM
SPBU yang ada di Kabupaten Deli Serdang. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Tim juga akan mengecek di setiap titik SPBU yang mengalami kelangkaan yang ada di Sumatera Utara. "

MEDAN, TELISIK.ID - Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) telah membentuk tim guna menyelidiki dugaan penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM) di tengah kelangkaan yang terjadi saat ini di daerah itu.

“Iya, tim telah dibentuk yaitu dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus, Subdit Industri dan Perdagangan (Indag). Itu dibentuk karena kelangkaan BBM di Provinsi Sumut ini, terutama BBM jenis bersubsidi," kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi ketika dikonfirmasi awak media, Sabtu (16/10/2021).

Pihaknya akan memberikan sanksi yang tegas apabila ditemukan adanya penimbunan BBM. Sejauh ini langkah Polda Sumut adalah menjalin komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait tentang masalah sebenarnya yang terjadi.

"Kalau ada indikasi penyimpangan tentu kita akan melakukan penindakan tegas,” tuturnya.

Tim juga akan mengecek di setiap titik SPBU yang mengalami kelangkaan yang ada di Sumatera Utara.

Direktur Reserse Kriminal Khusus, Kombes Pol Jhon C Nababan mengaku akan melakukan penyelidikan terkait kelangkaan BBM.

Baca juga: 120 Hektare Perkebunan Jambu Mete di Buteng Siap Dioptimasi

Baca juga: Percepat Vaksinasi, Dinas Kesehatan Bombana Lanjutkan Pekan Vaksinasi COVID-19 Tahap VII

"Pengusaha diminta agar tidak menimbun bahan bakar minyak (BBM). Kami juga akan berkoordinasi dengan Pertamina selaku pemasok BBM ke SPBU," kata Jhon.

Ia menegaskan, apabila ada upaya oknum pengusaha menimbun minyak untuk mencari keuntungan, dipastikan tidak ada ampun dan ditindak tegas.

Jhon mengatakan, dirinya sudah mengundang kepala pemasaran Pertamina ke Polda Sumut guna mengadakan rapat terkait kelangkaan BBM di beberapa wilayah.

Ia berharap dengan diundangnya mereka, akan menerima informasi yang jelas soal kelangkaan BBM ini.

"Hari ini rapatnya sedang berlangsung di Krimsus, nanti kita dengar apa alasan dan apa penyebabnya sehingga terjadi pengurangan jumlah kuota BBM yang ada di Sumut. Nanti perkembangannya akan disampaikan kepada rekan-rekan," terangnya.

Sebagaimana diketahui, beberapa pekan ini, sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Sumatera Utara mengalami kekurangan pasokan BBM. Banyak truk kontainer dan sejenisnya menunggu antrian di SPBU yang ada stok BBM-nya dan mengakibatkan antrean serta kemacetan lalu lintas. (C)

Reporter: Reza Fahlefy

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga