Polisi Jadwalkan Pemeriksaan Artis Baim Wong Dugaan Penipuan Modus Gave Away Uang Tunai

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Rabu, 05 April 2023
0 dilihat
Polisi Jadwalkan Pemeriksaan Artis Baim Wong Dugaan Penipuan Modus Gave Away Uang Tunai
Artis Baim Wong ketika memegang berbagai jenis merek handphone. Foto: Instagram atas nama Baim Wong

" Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara, Subdit Cybercrime menjadwalkan pemeriksaan terhadap Baim Wong yang merupakan seorang artis dan konten kreator "

MEDAN, TELISIK.ID - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara, Subdit Cybercrime menjadwalkan pemeriksaan terhadap Baim Wong yang merupakan seorang artis dan konten kreator, Rabu (5/4/2023).

Artis ibu kota Jakarta itu diperiksa atas dugaan penipuan yang mencatut nama Baim Wong. Korbannya sampai tertipu sebanyak Rp 150 juta.

Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Hadi Wahyudi membenarkan adanya penjadwalan pemeriksaan yang dilakukan penyidik Subdit Cybercrime Direktorat Reserse Kriminal Khusus.

Baca Juga: Pemilik Akun Medsos Ini Dilapor Polisi Dugaan Penipuan dengan Modus Arisan Online

"Baim Wong diperiksa sebagai saksi, hari ini dijadwalkan. Akan tetapi, saya belum tahu apakah hari ini datang atau tidak," kata Hadi kepada awak media.

Baim Wong diperiksa sebagai saksi kasus penipuan yang dilakukan Mulia Kantana warga Kota Tanjungbalai, yang ditangkap polisi karena diduga menipu seorang wanita modus memberi hadiah mencatut nama Baim Wong.

"Jadi, korbannya mengaku ditipu Rp 150 juta oleh Mulia Kantana yang sudah diamankan itu. Modusnya, mengaku dari Baim Wong. Korban dapat Gave away uang tunai. Jadi, inilah masih didalami," tambah Hadi.

Akan tetapi, ditunggu sampai pukul 18:00 WIB. Baim Wong belum juga hadir menemui penyidik. Informasi terakhir bahwa yang bersangkutan tidak hadir.

Kepala Sub Bidang Penmas, Bidang Humas Polda Sumatera Utara, AKBP Herwansyah ketika dikonfirmasi melalui selulernya mengaku, Baim Wong tidak hadir dan minta jadwal ulang pemeriksaan.

"Iya, tadi saya sudah berkomunikasi dengan tim penyidik. Pihak dari Baim Wong minta jadwal ulang. Sehingga penyidik akan menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap Baim Wong," ucapnya.

Berdasarkan keterangan yang diterima pihak Penmas Polda Sumatera Utara,  pihak dari saksi atau Baim Wong minta dijadwalkan ulang pemeriksaan sebagai saksi sekaligus sebagai korban pada 9 atau 10 Maret 2023 mendatang.

"Nantinya, tim penyidik akan kembali mengirim surat kepada saudara Baim Wong. Dia saksi, dia juga korban. Namanya dicatut oleh Mulia Kantana," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Mulia Kantana diduga melakukan penipuan terhadap korban dengan modus mendapatkan hadiah dari Baim Wong. Pelaku akhirnya ditangkap 30 Desember 2022 lalu.

Baca Juga: Kemenag Konawe Selatan Imbau Masyarakat Waspada Penipuan Pelunasan Ongkos Haji

Awalnya, korban mengikuti program giveaway Baim Wong melalui media sosial Facebook. Lalu korban ditawari hadiah sebesar Rp 20 juta. Setelah mengetahui korban tertarik, pelaku mengarahkan korban mengklik tautan nomor Whatsapp.

Ketika di klik, rupanya nomor tersebut langsung terhubung dengan nomor Whatsapp yang mengaku atas nama Baim Wong.

Komunikasi antara pelaku dan korban terjadi dan pelaku mengaku bernama Baim Wong akan memberikan uang Rp 20 juta kepada korban. Namun, korban diminta agar mengirim uang Rp 150 juta sebagai administrasi. Selanjutnya, korban penipuan membuat laporan ke Mapolda Sumatera Utara dan pelaku ditangkap. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga