Polisi Keranda dan Samsat Delivery, Inovasi Unggulan Layanan Polres Bombana

Hir Abrianto, telisik indonesia
Jumat, 20 Agustus 2021
0 dilihat
Polisi Keranda dan Samsat Delivery, Inovasi Unggulan Layanan Polres Bombana
Inovasi Polisi Keranda, sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada rakyat. Foto: Hir/Telisik

" Guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, Polres Bombana kembangkan dua inovasi layanan yakni Samsat Delivery dan Polisi Keranda. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, Polres Bombana kembangkan dua inovasi layanan yakni Samsat Delivery dan Polisi Keranda.

Samsat atau Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap ini, merupakan suatu sistem kerjasama secara terpadu antara Polri, Dinas Pendapatan dan PT Jasa Raharja Persero.

Dimana, Samsat ini dalam bentuk pelayanan untuk menerbitkan STNK yang dikaitkan dengan uang pemasukan negara melalui pajak kendaraan bermotor (PKB), dan sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas (SWDKLLJ) yang dapat dilaksanakan pada satu kantor.

Dalam pelaksanaan tugas pelayanan Samsat Bombana, seringkali ditemukan keluhan dan masukan dari wajib pajak, yaitu jarak yang ditempuh dan lama waktu pelayanan STNK dikarenakan kendala jaringan maupun kendala situasional lainnya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bombana, AKP Muh. Arifin Fajar, S. M menjelaskan, Samsat Delivery merupakan inovasi Tim Pembina Samsat berupa layanan humanis yang memungkinkan masyarakat Bombana mendapatkan pelayanan Samsat tanpa harus menunggu pengurusan surat kendaraan motor di kantor Samsat.

Keuntungan Samsat Delivery, kata dia, pembayaran pajak lebih mudah karena tidak perlu mengantri, menghemat waktu masyarakat, pembayaran sesuai jumlah PKB dan SWDKLLJ, serta pembayaran bisa melalui tunai/non tunai.

Menurut Arifin Fajar, Samsat Delivery ini sangat tepat dijalankan di tengah pandemi COVID-19 dan perkembangan teknologi.

Masyarakat lebih terjaga dari wabah pandemi karena tidak perlu menunggu lama, sehingga mengurangi kerumunan wajib pajak yang akan mengurus surat-surat kendaraan.

Baca juga: Teruskan Peninggalan Ayah, Remaja Ini Sukses Kembangkan Usaha Sarang Burung Walet

Baca juga: Batas Usia Maksimal Cakades Berpolemik, DPRD Muna Siap Revisi Perda

Pelaksanaan Samsat Delivery di kantor Samsat Bombana merupakan jawaban dari apa yang telah dikeluhkan oleh wajib pajak akan bebagai kendala yang dialami dalam membayar pajak, sehingga masyarakat tidak perlu lagi menunggu dalam waktu lama untuk mengambil STNK ketika akan melakukan pengesahan tahunan maupun dalam proses pergantian plat.

"Ke depan apabila ada kendala maka wajib pajak hanya perlu menitipkan alamat dan nomor Handphone yang bisa dihubungi oleh petugas Samsat Delivery," katanya kepada Telisik.id, Jumat (20/8/2021).

Selain itu, guna menuju zona integritas dengan terobosan kreatif, Binmas Polres Bombana juga membentuk terobosan baru yang meningkatkan keakraban Polri kepada masyarakat dengan inovasi, yakni Polisi Keranda.

Kepala Satuan Binmas Polres Bombana, AKP Idham Syukri, S.Pd. I, M.M, mengungkapkan, sebagaimana motto Unit Binmas "Hadir, Berbuat dan Bermanfaat", pihaknya menginisiasi program ini untuk meningkatkan rasa empati polisi terhadap masyarakat yang berduka.

"Jika ada yang meninggal dunia, maka kita (Polisi) hadir memberikan penguatan serta empati kepada keluarga yang ditinggalkan," ujarnya.

Inovasi Polisi Keranda ini hadir sejak tahun 2020 lalu, seiring bertugasnya Kasat Binmas, AKP Idham Syukri, S.Pd. I, M.M,

Kegiatan-kegiatan pengurusan jenazah seperti memandikan jenazah, menggali kuburan atau menguburkan, mengawal, atau mengkafani jenazah menjadi warna inovasi Binmas Keranda ini.

Polisi Keranda ini juga merupakan upaya pemberdayaan peran serta masyarakat dalam kegiatan Polmas, yang meliputi pengembangan kemitraan dan kerja sama antara Polsek dengan masyarakat dan pemerintah tingkat kecamatan/kelurahan.

Termasuk organisasi non pemerintah dengan pembinaan dan penyuluhan di bidang ketertiban masyarakat terhadap seluruh lapisan dan komponen masyarakat antara lain remaja, pemuda, wanita, dan anak. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga