Polres Muna Berbagi Tips Terhindar dari Kecelakaan

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 21 Januari 2023
0 dilihat
Polres Muna Berbagi Tips Terhindar dari Kecelakaan
Kasat Lantas Polres Muna, Iptu Yusran Yoyo bersama Kanit Kamsel, Ipda Sarini saat memberikan penyuluhan pada tukang ojek. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kurangnya kesadaran dan seringnya melanggar rambu-rambu dalam berkendara menjadi penyebab utama terjadi laka lantas "

MUNA, TELISIK.ID - Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Muna tak henti-hentinya mengampanyekan keselamatan berlalu lintas. Hal tersebut dilakukan dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin melalui Kasat Lantas, Iptu Yusran Yoyo mengaku, kurangnya kesadaran dan seringnya melanggar rambu-rambu dalam berkendara menjadi penyebab utama terjadi laka lantas. Nah untuk itu, pihaknya berbagi tips agar terhindar dari laka lantas.

Pertama, kata Yusran, berdoa sebelum keluar rumah dan sebelum mengemudikan kendaraan. Lalu, menggunakan helm SNI, safety belt, tidak boleh mengemudikan kendaraan yang tidak dilengkapi lampu utama, lampu weser (sein), lampu rem, kaca spion, rem depan dan belakang.

Kemudian, jangan mengemudikan kendaraan dalam keadaan mabuk, lelah, mengantuk, ugal-ugalan dan kecepatan tinggi, serta perlambat kendaraan jika akan melewati persimpangan jalan dan di saat kondisi jalan basah karena hujan.

Baca Juga: Polres Muna Fasilitasi Klaim Jasa Raharja Pasutri Korban Kecelakaan Lalu Lintas

Baca Juga: Kecelakaan Depan Unika St Paulus Ruteng Tewaskan Anak Anggota DPRD

"Intinya selalu patuh dan tertib terhadap aturan berlalu lintas di jalan raya," kata Yusran, Sabtu (21/1/2023).

Sementara itu, Kanit Kamsel, Ipda Sarini menerangkan, untuk mencegah terjadi laka lantas, pihanya melakukan penyuluhan di sekolah, kampus, pangkalan ojek dan terminal. Nah, dari penyuluhan itu, disampaikan imbauan agar para orang tua tidak mengizinkan anak-anaknya yang masih di bawah umur untuk mengendarai sepeda motor, pengendara agar selalu tertib saat berkendara dan ketika para pelajar datang dan pulang sekolah berjalan kaki, agar tidak berkelompok memenuhi sebagian jalan raya yang berada di atas badan jalan (aspal). (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga