Positif COVID-19 di Buton Bertambah 39 Kasus, 25 Diantaranya Nakes

Deni Djohan, telisik indonesia
Senin, 20 Juli 2020
0 dilihat
Positif COVID-19 di Buton Bertambah 39 Kasus, 25 Diantaranya Nakes
Jubir Gugus Tugas COVID-19 Buton, dr Hayun. Foto: Deni Djohan/Telisik

" Pasien yang terkonfirmasi kontak erat dengan pasien 66 dan ada lagi 4 kontak erat dengan pasien dari Konawe. "

BUTON, TELISIK.ID - Jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Buton terus bertambah. Sore ini, Senin (20/07/2020), jumlah pasien Virus Corona bertambah sebanyak 39 orang.

Jubir Gugus Tugas COVID-19 Buton, dr Hayun mengatakan, 25 dari 39 orang tersebut merupakan tenaga kesehatan (Nakes), sedang 14 diantaranya masyarakat setempat.

"Pasien yang terkonfirmasi kontak erat dengan pasien 66 dan ada lagi 4 kontak erat dengan pasien dari Konawe," beber dr Hayun.

Saat ini tambahnya, total pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Buton sebanyak 105 orang. Sementara pasien sembuh lima orang.

Dari jumlah tersebut, total pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 26 orang. Sedang Pasien Dalam Pemantauan (PDP) sebanyak 76 orang dan meninggal 3 orang. Pasien tersebut tersebar di Kecamatan Pasarwajo,  Siontapina dan Kapontori.

Baca juga: Curah Hujan Tinggi, Puluhan Ribu Hektar Lahan Produktif Warga Terendam

"Hari ini, Nakes terbanyak 20 orang di Siontapina, satu Pasarwajo dan empat orang di Puskesmas Barangka," jelasnya.

Kata dia, Nakes yang terpapar virus tersebut telah menjalani swab sejak 10 hari lalu dan sudah mengkarantina diri. Para Nakes tersebut kemudian akan menjalani proses karantina di rusun.

Jika dalam 10 hari semua pasien terpapar namun tanpa gejala maka dapat dipulangkan untuk kemudian dilakukan pemantauan tenaga kesehatan Puskesmas.

"Kadang-kadang pasien yang datang belum dicurigai COVID-19 dan APD yang dipakai para Nakes APD level dua," tuturnya.

Mengingat penularan COVID-19 terus bertambah, ia meminta agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak dan rajin mencuci tangan.

Reporter: Deni Djohan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga