Prabowo-Gibran Deklarasi di GBK Sebelum Berangkat Daftar ke KPU

Mustaqim, telisik indonesia
Selasa, 24 Oktober 2023
0 dilihat
Prabowo-Gibran Deklarasi di GBK Sebelum Berangkat Daftar ke KPU
Anggota KPU RI, Idham Kholik, yang membidangi Teknis Penyelenggaraan Pemilu. Foto: Antara

" Bakal pasangan calon (bapaslon) presiden-wakil presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) dipastikan mendaftar ke KPU RI pada Rabu (25/10/2023) yang merupakan hari terakhir pendaftaran "

JAKARTA, TELISIK.ID - Bakal pasangan calon (bapaslon) presiden-wakil presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) dipastikan mendaftar ke KPU RI pada Rabu (25/10/2023) yang merupakan hari terakhir pendaftaran.

Kepastian ini diperoleh setelah KPU RI menerima surat pemberitahuan pendaftaran dari gabungan partai KIM pada Selasa (24/10/2023) sore.

“Pukul 15:00 WIB, KPU telah menerima surat pemberitahuan dari gabungan parpol KIM tentang rencana pendaftaran bakal pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran,” ungkap anggota KPU RI, Idham Holik, kepada Telisik di Jakarta, Rabu (24/10/2023).

Baca Juga: Seleksi Anggota KPU Jawa Timur Dimulai

Komisioner yang membidangi Teknis Penyelenggaraan Pemilu ini menyebutkan, Prabowo-Gibran akan melakukan pendaftaran sebagai bapaslon pada Rabu (25/10/2023) pukul 10:00 WIB, sesuai dengan isi surat pemberitahuan.

Prabowo-Gibran merupakan bapaslon presiden-wakil presiden ketiga yang mendaftar ke KPU RI. Dua bapaslon sebelumnya sudah lebih dulu mendaftar pada hari yang sama, yakni Kamis, 19 Oktober 2023. Keduanya adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar/Cak Imin (AMIN) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Dua bapaslon yang sudah mendaftar di KPU RI ini juga telah menjalani pemeriksaan kesehatan umum atau medical check-up (MCU) di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Pasangan AMIN menjalani MCU pada Sabtu (21/10/2023), sedangkan Ganjar-Mahfud pada Minggu (22/10/2023).

Koalisi Indonesia Maju segera menampilkan Prabowo-Gibran ke hadapan publik setelah syarat pendaftaran terpenuhi dan saat pendaftaran ke Kantor KPU RI di Jakarta. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani, memastikan saat ini dokumen syarat pendaftaran Prabowo-Gibran telah siap.

“Insya Allah, kami mendaftar ke KPU RI, Rabu, pukul 10:00 WIB,” kata Muzani.

Sebelum mendaftar, kata Muzani, kader Partai Gerindra di seluruh Indonesia berdoa agar pendaftaran ke KPU RI berjalan aman dan lancar.

“Pak Prabowo juga akan berkumpul dengan keluarganya untuk berdoa bagi kelancaran pendaftaran dan kelancaran bagi proses pencalonan beliau sebagai capres,” jelas Muzani.

Saat mendaftar Prabowo-Gibran akan diantar oleh pimpinan partai di KIM, yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, dan Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, Partai Demokrat, dan Partai Garuda.

Informasi lain menyebutkan, Rabu pagi sebelum berangkat ke KPU, Prabowo-Gibran akan dideklarasikan oleh KIM menjadi bapaslon presiden-wakil presiden di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

Baca Juga: Ribuan Bilik Suara Diterima KPU Kolaka Timur

“Betul (deklarasi duet Prabowo-Gibran di GBK besok). Rencana akan berlangsung sejak pagi hari pukul 07:30 WIB,” ungkap Sekjen PBB, Afriansyah Noor, kepada wartawan.

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menyatakan rencana pendaftaran keduanya sudah diagendakan sejak penetapan Gibran sebagai pendamping resmi bacapres Prabowo Subianto beberapa waktu lalu.

“Ya kan besok (Rabu, 25/10/2023) kita daftarkan, ya. Terima kasih,” ujar Airlangga di Mandarin Oriental Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat.

Airlangga pun membenarkan jika Prabowo-Gibran akan didaftarkan ke KPU RI pada Rabu (25/10/2023) pukul 10:00 WIB. (A)

Reporter: Mustaqim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga