Profil Sivakorn Pu-udom, Wasit Asisten VAR di Laga Indonesia vs Irak U-23 pada Perebutan Juara 3

Merdiyanto , telisik indonesia
Kamis, 02 Mei 2024
0 dilihat
Profil Sivakorn Pu-udom, Wasit Asisten VAR di Laga Indonesia vs Irak U-23 pada Perebutan Juara 3
Sivakorn Pu-Udom Wasit asal Thailand menjadi wasit asisten VAR dalam perebutan juara tiga Piala Asia U-23. Foto: Repro Kumparan.com

" Sivakorn Pu-undom bukan nama asing di kalangan masyarakat Indonesia. Wasit asal Thailand itu dianggap beberapa kali merugikan Timnas Indonesia, terakhir saat melawan Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 "

JAKARTA, TELISIK.ID - AFC telah menunjuk Sivakorn Pu-udom sebagai wasit asisten VAR dalam laga Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 di perebutan juara tiga Piala Asia U-23 yang akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Kamis (2/5/2024) malam.

Sivakorn Pu-undom bukan nama asing di kalangan masyarakat Indonesia. Hal tersebut karena wasit asal Thailand itu dianggap beberapa kali merugikan Timnas Indonesia, terakhir saat melawan Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23.

Dikutip dari Suara.com jaringan Telisik.id, dalam Piala Asia U-23 2024, Sivakorn Pu-undom sudah beberapa kali menjadi wasit VAR di laga yang dimainkan Timnas Indonesia U-23 .

Pertama, saat Garuda Muda bertemu tuan rumah Qatar. Dalam pertandingan itu, tim asuhan Shin Tae-yong dinilai dirugikan atas keputusannya.

Dimana Timnas Qatar mendapat penalti dari tayangan ulang VAR. Bukan hanya itu saja, striker Timnas Indonesia U-23 Ramadhan Sananta dikenakan kartu merah.

Kemudian, momen saat VAR dibutuhkan dalam pelanggaran Ivan Jenner yang berujung pada kartu kuning kedua juga tidak digunakan.

Baca Juga: Perebutan Juara 3 Indonesia vs Irak di Piala Asia U-23, Target Olimpiade Paris 2024

Dikutip dari Kumparan.com, kedua, saat melawan Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 dimana Witan Sulaeman dilanggar di area kotak penalti pada babak pertama. Wasit utama Shen Yinhao, awalnya memutuskan free kick, lalu mengecek VAR untuk kemungkinan penalti. Akhirnya, Yinhao malah membatalkan keputusan itu dan menilai Witan telah diving.

Bukan hanya itu, gol yang dicetak Muhammad Ferarri dianulir wasit karena dianggap offside di menit 61. Kemudian, kartu merah kapten Rizky Ridho di menit 84 yang dalam tayangan ulang, terlihat ia menyapu bola terlebih dahulu sebelum mengenai pemain Uzbekistan. Ketiga momen tersebut sama-sama ditinjau via VAR.

Profil Sivakorn Pu-undom asisten VAR dalam laga Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 dalam perebutan juara tiga seperti dilansir dari Suara.com jaringan Telisik.id.

Sivakorn Pu-Udom merupakan wasit berkebangsaan Thailand yang lahir di Samut Sakhon pada 26 November 1987. Ia sudah menjadi wasit sepak bola sejak tahun 2012 dan sudah mendapatkan lisensi dari FIFA sejak tahun 2013.

Sivakorn sudah memimpin ratusan kali pertandingan dari berbagai kompetisi domestik maupun internasional di level usia sampai dengan senior.

Baca Juga: Ini Jejak Karir Shin Tae-yong dari Pemain hingga jadi Pelatih Timnas Indonesia

Sejak 2012, wasit berumur 36 tahun itu setidaknya sudah ratusan pertandingan yang ia pimpin, dari berbagai liga dan kompetisi sudah pernah ia pimpin, baik sebagai wasit utama, wasit keempat, sampai dengan wasit VAR.

Apabila melihat dari statistiknya di Transfermarkt, Sivakorn pernah menjadi wasit utama di Liga Thailand sebanyak 169 kali, AFC Cup 16 kali, Liga Champions Asia 11 kali, dan Kualifikasi Piala Dunia Asia 9 kali.

Sebagai seorang wasit utama, ia sudah memimpin 275 pertandingan dan sudah memberikan setidaknya 1138 kartu kuning, 25 kartu kuning kedua, 29 kartu merah, dan 80 penalti selama ia berprofesi sebagai wasit utama.

Sedangkan sebagai seorang wasit VAR, ia sudah pernah menjalani 38 pertandingan dan memberikan 172 kartu kuning, 5 kartu kuning kedua, 9 kartu merah, dan 19 penalti. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga