PT SMI Setujui Pinjaman Dana Pemprov Sultra untuk Jalan Kendari-Toronipa

Siswanto Azis, telisik indonesia
Rabu, 22 Juli 2020
0 dilihat
PT SMI Setujui Pinjaman Dana Pemprov Sultra untuk Jalan Kendari-Toronipa
Plt Kepala Diskominfo Sultra, Syaifullah. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Jadi sudah disepakati antara pihak SMI dan Bapak Gubernur terkait peminjaman anggaran. "

KENDARI, TELISIK.ID - PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) akhirnya menyetujui permintaan peminjaman dana sebesar Rp 799.258.216.000 yang diajukan oleh Pemprov Sultra.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Sultra, Syaifullah. Ia mengatakan, Pemprov dan PT SMI telah melakukan tandatangan dokumen perjanjian terkait pinjaman dana

“Jadi sudah disepakati antara pihak SMI dan Bapak Gubernur terkait peminjaman anggaran," kata Syaifullah, Rabu (22/7/2020).

Saifullah mengatakan, jika pihak Pemprov dan PT SMI menandatangani perjanjian pinjaman dana tersebut untuk pembangunan jalan akses pariwisata Kendari-Toronipa dengan panjang jalan 11,145 Kilometer.

Baca juga: Orang yang Terpapar COVID-19 di Sultra Didominasi Tenaga Medis

"Pembangunan jalan tersebut dengan Plafond biaya Rp 799.258.216.000, grace periode 20 bulan tenor lima tahun, terhitung dari penarikan pertama sampai tahun 2025 " pungkasnya.

Katanya, pinjaman pembiayaan itu sangat ditunggu oleh pemerintah dan masyarakat Sultra guna percepatan pembangunan, khususnya sektor pariwisata.

Untuk diketahui, PT SMI (Persero) adalah salah satu Special Mission Vehicle di bawah Kementerian Keuangan yang bergerak di bidang pembiayaan dan penyiapan proyek infrastruktur, didirikan pada tahun 2009.

PT SMI merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang seluruh modal sahamnya dimiliki oleh negara melalui Kementerian Keuangan.

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Kardin

Baca Juga