Pulau Tersembunyi di Sulawesi, Suguhkan Pemandangan Eksotis

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 04 Februari 2023
0 dilihat
Pulau Tersembunyi di Sulawesi, Suguhkan Pemandangan Eksotis
Pulau Manumpitaeng, destinasi wisata tersembunyi yang menggoda di Sulawesi Utara. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan secara langsung proses alami bertelurnya burung gosong. Foto: Repro Ksmtour.com

" Saat memasuki perairan Manumpitaeng, Anda akan dikejutkan dengan pemandangan pulau yang eksotis mengelilingi Manumpitaeng "

SANGIHE, TELISIK.ID - Jika Telisikers sedang mencari tempat wisata ataupun healing di akhir pekan, Anda bisa berkunjung ke Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Melansir Wikipedia.com, Manumpitaeng merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Manganitu, Kabupaten Kepulauan Sangihe. Kabupaten Kepulauan Sangihe adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Kabupaten ini merupakan induk pemekaran Kabupaten Kepulauan Talaud dan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro pada tahun 2002 dan 2007. Ibu kota kabupaten ini adalah Tahuna. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 736,98 km² dan memliki penduduk sebanyak 139.262 jiwa.

Dikutip dari Ksmtour.com, kawasan Nusa Utara, yang melingkupi tiga kabupaten di ujung utara Provinsi Sulawesi Utara, seakan menyimpan surga tersembunyi. Ketiga kabupaten tersebut adalah Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Salah satu pulau eksotis nan indah yang ada di Sitaro, adalah Pulau Manumpitaeng. Pulau dalam cluster Buhias ini, berada tepat di depan Kota Ulu, sebagai pusat perdagangan Sitaro.

Baca Juga: Kota Wuna, Jejak Sejarah Peradaban Muna

Hanya butuh waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan speedboat, Pulau Manumpitaeng bisa dijangkau melalui Pelabuhan Ulu. Pulau kecil ini hanya dihuni satu keluarga yang menjaga kebun kelapa.

Saat memasuki perairan Manumpitaeng, Anda akan dikejutkan dengan pemandangan pulau yang eksotis mengelilingi Manumpitaeng, belum lagi pasir putihnya nan lembut menggoda dan gradasi air lautnya yang hijau tosca ke biruan seakan menarik anda untuk segera menceburkan diri ke dalam laut.

Baca Juga: Ternyata di Indonesia Ada 'Negeri Peri' Bikin Ridwan Kamil Heran

Jika matahari mulai naik, segeralah ke punggung bukit yang terdapat di bagian tengah Manumpitaeng, tidak dibutuhkan tenaga ekstra untuk mendakinya. Cukup sepuluh menit Anda bisa berada di posisi tertinggi dan bisa menikmati panorama indah sekeliling Manumpitaeng. Anda juga bisa mengintip kawah Karangetang di kejauhan dengan keindahan hijaunya alam.

Di Pulau Manumpitaeng Anda juga dapat menjumpai burung Gosong, jika beruntung Anda dapat menyaksikan secara langsung proses alami bagaimana burung Gosong bertelur. Burung yang berkerabat dengan Maleo dan dari famili Megapodiidae ini merupakan endemik di beberapa kawasan Wallacea termasuk yang endemik di Sulawesi.

Cara bertelurnya yang unik akan menjadi satu sajian tersendiri bagi pengunjung di Manumpitaeng. Burung Gosong akan mencari pasir dengan derajat panas tertentu. Lalu pasangan burung Gosong akan menggali pasir dan meletakkan telurnya yang berukuran besar, lalu menimbunnya dan pergi meninggalkan telur itu hingga waktunya menetas. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga