Puluhan Kades Jadi Saksi Kasus Korupsi Oknum Pegawai Dinas PMD Konkep

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Sabtu, 06 Februari 2021
0 dilihat
Puluhan Kades Jadi Saksi Kasus Korupsi Oknum Pegawai Dinas PMD Konkep
Ilustrasi kasus korupsi. Foto: Repro liputan6.com

" Insyaallah dalam waktu dekat kita akan melakukan gelar perkara. Kita akan umumkan siapa-siapa saja tersangkanya. Pastinya tersangka lebih dari dua orang. "

KONAWE, TELISIK.ID - Kejaksaan Negeri (Kejari) Konawe memeriksa puluhan Kepala Desa (Kades) dalam kasus korupsi yang melibatkan oknum pegawai Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Konawe Kepulauan (Konkep), Kamis (04/02/2021).

Pemeriksaan saksi kasus penyalahgunaan anggaran pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) anggaran tahun 2019-2020 yang dilakukan oknum dinas PMD Konkep ini menghadirkan 12 saksi.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Bustanil Nadjamuddin Arifin, SH mengatakan, dari 89 desa yang mengikuti pelatihan tersebut, hanya 22 desa yang diperiksa karena hanya sebagai sampel saja.

Kata dia, nantinya akan memanggil 40 hingga 50 saksi dari 179 peserta yang hadir saat acara pelatihan Siskeudes tersebut.

Dari hasil pemeriksaan 12 saksi hari ini, Bustanil menyebut bahwa dugaan kasus korupsi tersebut semakin menguat dan bahkan telah mengarah pada tersangka pada kasus ini.

Baca juga: 19 Terduga Teroris di Makassar Diterbangkan ke Jakarta

"Insyaallah dalam waktu dekat kita akan melakukan gelar perkara. Kita akan umumkan siapa-siapa saja tersangkanya. Pastinya tersangka lebih dari dua orang," terangnya.

Lebih lanjut, Bustanil menyebut, dugaan korupsi pada Dinas PMD Konawe Kepulauan ini merugikan keuangan negara hingga satu miliar rupiah.

"Pasal dilanggar kami duga antara pasal 2, 3 , ataupun pasal 8 undang-undang Tipikor," singkatnya

Selain itu, pihaknya juga tak menampik adanya potensi tindak pidana pencucian uang (TPPU) dalam kasus yang menyeret pejabat Dinas PMD Konkep ini. (B)

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga