Puluhan Lapak PKL Dibongkar Pol PP

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 22 Februari 2023
0 dilihat
Puluhan Lapak PKL Dibongkar Pol PP
Penertiban lapak PKL oleh aparat gabungan di Jalan Taman Suropati-Jalan Lasandara Mandonga. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Lapak milik pedagang yang melewati batas bahu jalan, dibongkar menggunakan alat seperti palu, batu, ataupun kayu "

KENDARI, TELISIK.ID - Puluhan lapak pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Taman Suropati, Kota Kendari, ditertibkan oleh aparat gabungan dari Satpol PP, TNI, Polri, hingga Dinas Perhubungan, Rabu (22/2/2023).

Lapak para pedagang itu dibongkar menggunakan alat seperti palu, batu, ataupun kayu, karena melewati batas bahu jalan.

Kepala Bidang Keamanan dan Ketertiban Satpol PP Kota Kendari, Hasman Dani mengatakan, penertiban tersebut dilakukan dari Jalan Taman Suropati hingga Jalan Lasandara, Mandonga.

Ia dibantu aparat lain untuk berjaga-jaga apabila ada perlawanan dari pihak PKL. Hasman menambahkan, penertiban tersebut sudah sesuai dengan SOP yang berlaku, dengan lebih dahulu memberi surat peringatan kepada pedagang sebelum akhirnya lapak mereka dibongkar.

Baca Juga: PKL Area Pelelangan Ikan Kendari Mulai Ditertibkan

Penertiban berjalan lancar tanpa perlawanan maupun keributan dari pihak PKL. Meski begitu, salah satu pedagang sembako di Jalan Taman Suropati, Nifu, merasa dirugikan karena harus membongkar kiosnya untuk sedikit mundur di luar bahu jalan.

"Tapi mereka pilih-pilih, ada kios yang tidak dibongkar," katanya.

Baca Juga: Satpol PP Bersih-bersih PKL Termasuk Area Pasar Basah Mandonga Terancam

Beberapa kios yang tidak dibongkar tersebut diketahui karena mereka bersedia untuk membongkar sendiri kiosnya, dibanding secara paksa oleh pihak Satpol PP.

Pedagang lain, Intan, justru berlapang dada kios buah yang telah ia jalani selama lima tahun harus dibongkar paksa aparat. Ia mengakui kesalahannya dan tahu lapaknya akan dibongkar setelah menerima surat peringatan dari Satpol PP.

Kata Intan, diketahui penertiban tersebut dilakukan untuk perluasan Jalan Taman Suropati menjadi jalan dua arah. (A)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga