Puluhan Pelaku UKM di Kolaka Utara Keciprak Dana Hibah Baznas Ratusan Juta Rupiah

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 27 Juni 2023
0 dilihat
Puluhan Pelaku UKM di Kolaka Utara Keciprak Dana Hibah Baznas Ratusan Juta Rupiah
Pj Bupati Kolaka, Parinringi bersama Ketua Baznas Kolaka Utara, Mustamin menyerahkan secara simbolis bantuan hibah dari Baznas ke pelaku UKM Kolaka Utara. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

" Baznas Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara kembali menyalurkan bantuan senilai ratusan juta rupiah untuk para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kolaka Utara "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara kembali menyalurkan bantuan senilai ratusan juta rupiah untuk para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kolaka Utara.

Bantuan hibah yang bersumber dari zakat profesi Aparatur Sipil Negera (ASN) lingkup Kabupaten Kolaka Utara itu diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Parinringi di lantai 3 aula kantor bupati, Selasa (27/6/2023).

Parinringi berharap, bantuan yang telah diberikan kepada para UKM dapat dimanfaatkan dengan baik. Ia juga meminta pengurus Baznas Kolaka Utara berkomunikasi dan mengevaluasi usaha para UKM penerima bantuan.

"Jika usaha para pelaku UKM maju dan memang layak untuk diberikan bantuan selanjutnya agar segera melaporkan kepada kami," ujarnya.

Kata dia, zakat mal yang setiap bulannya dipungut dari gaji para ASN di Kabupaten Kolaka Utara dan selanjutnya dikelola Baznas terbesar di Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Dampak Positif Festival Budaya terhadap Pelaku UKM Buton Selatan

Sementara itu, Ketua Baznas Kolaka Utara, Mustamin menuturkan, dana hibah Baznas diberikan kepada 55 orang pelaku UKM. Setiap orang mendapat Rp 3 juta.

"Total keseluruhan Rp 165 juta untuk 55 orang pelaku UKM," urainya.

Ia menjelaskan, mereka yang menerima bantuan sudah melalui verifikasi faktual dan memang layak untuk menerima bantuan tersebut.

"Sebelum diberikan bantuan, lebih dulu kami mensurvei usaha mereka. Ya, syaratnya tentu mereka harus memiliki usaha skala kecil, kalau sudah besar tidak mungkin kita bantu," jelas dia.

Baca Juga: 3.107 Pelaku UKM di Kendari Terima Bantuan Rp 300 Ribu

Diketahui, sebelumnya Baznas Kolaka Utara juga telah menyalurkan zakat ASN untuk fakir miskin di 133 desa/kelurahan di Kolaka Utara pada momen Ramadan 1444 Hijriah kemarin.

Selain fakir miskin, Baznas juga memberikan bantuan kepada para marbut masjid sebesar Rp 1 juta per orang. Bantuan juga diberikan kepada 70 mahasiswa yang tengah menyelesaikan studi senilai Rp 2 juta per orang.

Tidak hanya itu, lembaga pengelola zakat mal di Kolaka Utara ini juga memberikan bantuan kepada 60 orang yang mengikuti program sekolah mubaligh selama 6 bulan dengan total bantuan Rp 50 juta. (B-Info)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga