Puluhan Rumah dan Sekolah di Kolaka Utara Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Muh. Risal H, telisik indonesia
Senin, 13 Februari 2023
0 dilihat
Puluhan Rumah dan Sekolah di Kolaka Utara Rusak Diterjang Angin Puting Beliung
Kondisi salah satu rumah warga di Kecamatan Pakue, Kolaka Utara usai diterjang angin puting beliung. Foto: BPBD Kolaka Utara

" Sebanyak 10 rumah milik warga dan 1 Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Pembina alami kerusakan, usai diterjang angin puting beliung "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Sebanyak 10 rumah milik warga dan 1 Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Pembina alami kerusakan, usai diterjang angin puting beliung yang terjadi pada Minggu (12/2/2023) tepatnya pukul 17.45 Wita di Kelurahan Olo-oloho, Kecamatan Pakue, Kabupaten Kolaka Utara.

Pantauan Telisik.id, di lokasi beberapa atap rumah warga tampak terkoyak dan dua di antaranya ambruk.

Lurah Olo-oloho, Amsal membeberkan peristiwa itu, sebanyak 11 unit bangunan alami kerusakan. Dari data yang dihimpun ada beberapa rumah sedang kosong saat ditinggal pemiliknya sehingga tidak ada yang mengungsi.

"Dua rusak berat, 8 rusak ringan dan tiang penyangga atap halaman TK Pembina juga roboh, rata-rata rusak pada bagian atap," terangnya, Senin (13/2/2023)

Tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut, namun kerugian secara materi yang dialami dari kerusakan rumah warga dan TK Pembina bervariasi.

Baca Juga: Diterjang Angin Puting Beliung Rumah Warga Ambruk

"Paling rendah Rp 3 juta, Rp 5 juta dan paling besar Rp. 70 juta, sekolah TK Pembina juga alami kerugian," ungkap Amsal.

Menurut, Amsal terpaksa pihaknya bersama kepala UPTD dan kepala sekolah bersepakat untuk meliburkan siswa untuk sementara waktu, hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Karena halaman sekolah tempat bermain bagi anak sangat rawan, jangan sampai roboh karena kami bersama pihak sekolah akan secepatnya memperbaiki kembali," ujarnya.

Terpisah, Kepala BPBD Kabupaten Kolaka Utara, Andi Faisal mengatakan, data sementara dari beberapa pemilik rumah terdampak antara lain milik Andi Bustam (65), Sairah (70), Ilyas Nur (65), Askar (50), Hayung (55) dan Hamka.

"Anggota sementara di lapangan mencatat jumlah rillnya termasuk bantuan apa dan berapa jumlahnya yang dibutuhkan korban terdampak untuk diajukan ke dinsos," katanya

Baca Juga: Belasan Rumah di Kolaka Utara Kembali Diterjang Angin Kencang

Hingga saat ini, pihak BPBD telah mengidentifikasi korban bencana angin kencang di Desa Siapakainge, Kecamatan Pakue satu unit rumah rusak berat dan 6 lainnya rusak ringan. Desa Alipato, satu rumah rusak ringan.

Di Desa Kosali, satu unit rumah rusak sedang, satunya lagi rusak sedang. Sementara di Desa Pasampang, Kecamatan Pakue Tengah teridentifikasi satu rumah warga rusak sedang dan dua rusak ringan.

Andi Faisal, juga menghimbau masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan hadapi perubahan cuaca sewaktu-waktu baik angin puting beliung, longsor, banjir hingga pohon tumbang. (B)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga