Puncak Arus Balik Lebaran Penumpang Kapal Napoleon 777 Lebihi Kapasitas

Hendri Ade Sucipto, telisik indonesia
Selasa, 25 April 2023
0 dilihat
Puncak Arus Balik Lebaran Penumpang Kapal Napoleon 777 Lebihi Kapasitas
Ratusan penumpang yang memadati Pelabuhan Waode Buri dan Pelabuhan Wanci. Foto: Hendri Ade Sucipto/Telisik

" Menghadapi arus balik pasca lebaran, calon penumpang kapal rute Wanci-Waode Buri-Kendari membludak memadati Pelabuhan Waode Buri di Kecamatan Kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Menghadapi arus balik pasca lebaran, calon penumpang kapal rute Wanci-Waode Buri-Kendari membludak memadati Pelabuhan Waode Buri di Kecamatan Kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara.

Berdasarkan pantauan Telisik.id, ratusan penumpang sudah mulai memadati pelabuhan sejak pukul 11.00 Wita. Mereka datang dari berbagai penjuru Kabupaten Buton Utara.

Lonjakan penumpang yang drastis diakibatkan cuti lebaran Idul Fitri bagi mahasiswa dan ASN telah usai.

Baca Juga: Ini Jadwal KM Sabuk Nusantara 78 Hadapi Arus Balik Lebaran

Akibatnya ratusan penumpang dari Pelabuhan Wanci dan Waode buri tidak lagi kebagian seat tiket penumpang.

"Sejak pukul 05.00 subuh saya di pelabuhan ternyata tiket sudah habis. Mau naik Jetliner tiket sudah habis sejak malam hari," ujar Dani pemudik dari Kabupaten Wakatobi, Selasa (25/4/2023) pukul 13.25 Wita.

Meski sudah ditambah armada kapal Pelni Jetliner, namun belum mampu menampung ratusan pemudik dari Wakatobi, akhirnya banyak penumpang beralih ke armada kapal Napoleon.

"Tadi di pelabuhan pak Bupati Wakatobi sampai turun ke kapal dan mengumumkan agar penumpang tetap naik meski tanpa tiket non sheat, jadi kami paksa naik," ujar Didin pemudik asal Kabupaten Wakatobi.

Kapal Napoleon lepas landas dari pelabuhan Wanci pada Selasa (25/4/2023) pukul 09:00 Wita dan akan tiba di Pelabuhan Waode Buri pada pukul 13:00 Wita, lalu mengangkut penumpang asal Buton Utara serta melanjutkan perjalanan ke pelabuhan kapal malam Kendari.

kapal yang tiba di Pelabuhan Waode Buri dengan tiket sudah terjual habis langsung diserbu lagi dengan penumpang asal Buton Utara yang sudah memadati pelabuhan.

Baca Juga: Arus Balik Lebaran Mulai Terasa, Pelabuhan Waode Buri Buton Utara Dipadati Penumpang

Akhirnya kapal Napoleon itu berangkat dengan muatan melebihi kapasitas penumpang yang harusnya kapal itu mampu menampung 300-an penumpang membludak menjadi 500-an.

Sehingga mengakibatkan penumpang yang tidak kebagian seat harus memadati lambung dan lereng-lereng kapal.

"Saya melantai karena tidak kebagian tiket untuk tidur, dari Wanci tiketnya sudah habis," ujar Oger pemudik asal Buton Utara. (A)

Penulis: Hendri Ade Sucipto

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga