Punya Peluang Bisnis, Dinas Peternakan Konsel Lirik Hewan Itik

Ashar Hamka, telisik indonesia
Kamis, 06 Januari 2022
0 dilihat
Punya Peluang Bisnis, Dinas Peternakan Konsel Lirik Hewan Itik
Ket Foto: Plt Kadis Peternakan Konsel, Suwardi (kiri/memakai rompi) melakukan kunjungan kerja pada peternak itik. Foto: Ashar Hamka/Telisik

" Menjamurnya rumah makan di jalanan Kota Kendari yang menjajakan menu makanan berbahan hewan itik "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Menjamurnya rumah makan di jalanan Kota Kendari yang menjajakan menu makanan berbahan hewan itik, oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Konawe Selatan (Konsel) dinilai peluang untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi ternak hewan tersebut.

Plt Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Konsel, Suwardi menerangkan, peternakan itik cukup potensi di Konsel. Hal ini didukung dengan potensi sawah yang juga cukup luas, terlebih di beberapa kecamatan seperti Laeya, Tinanggea, Lalembuu, Konda dan Ranomeeto.

Katanya, di tahun ini, pihaknya bakal memfasilitasi kerjasama dengan pihak NGO NSLIC dan akademisi dari Universitas Halu Oleo (UHO) untuk penggemukan ternak itik melalui penggunaan pakan lokal. Itu untuk memenuhi permintaan daging itik di rumah-rumah makan di Kota Kendari dan di lokasi tambang Morowali.

"Tidak hanya dagingnya dapat dikonsumsi, tetapi juga telurnya bermanfaat. Jadi kita fokus dipeningkatan SDM dulu, terutama dalam pembuatan pakan," tutur Suwardi ditemui usai kunjungan kerja di sejumlah peternak itik, Kamis (6/1/2022).

Sementara itu, salah seorang peternak itik, Sahrir asal Desa Lerepako Kecamatan Laeya menyebutkan, jika dirinya mampu memproduksi telur itik sebanyak 80 rak per hari dan dapat menghasilkan dod atau anak itik umur satu hari sebanyak 10.000  per bulan.

Baca Juga: Pemda Konkep Gelar Vaksinasi Usia Dini, Target 70 persen

Sahrir mengaku, hasil sebanyak itu dapat dicapai melalui penggunaan mesin tetas.

"Hampir setiap hari pedagang telur dari Kota Kendari datang ke rumah untuk membeli," tutur Sahrir. (B)

Baca Juga: Pasca Gempa Magnitudo 5,8 di Wakatobi, BPBD Pastikan Tak Ada Kerusakan dan Korban Jiwa

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Kardin

Baca Juga