Ribuan Guru Honorer di Kolaka Utara Didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan

Muh. Risal H, telisik indonesia
Kamis, 27 Oktober 2022
0 dilihat
Ribuan Guru Honorer di Kolaka Utara Didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan
Pj Bupati Kolaka Utara, Parinringi SE. M.Si bersama Kadis Dikbud, H. Muh. Idrus, S.Sos. M.Si dan Sekdis Dikbud, Muhammad Nasir, S.Pd menyampaikan program BPJS Ketenagakerjaan untuk ribuan guru tenaga honorer. Foto: Muh.Risal H/Telisik

" Ribuan guru honorer di Kabupaten Kolaka Utara bakal didaftarkan sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Ribuan guru honorer di Kabupaten Kolaka Utara bakal didaftarkan sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Hal tersebut disampaikan Penjabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi, SE, M.Si saat menghadiri Rapat Koordinasi (rakor) bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kolaka Utara, H. Muh. Idrus, S.Sos. M.Si, Sekretaris Dinas Dikbud, Muhammad Nasir, S.Pd, para kepala bidang, staf lingkup Dikbud, dan 142 kepala sekolah SD dan SMP se-Kabupaten Kolaka Utara.

Menurut Pj bupati, program BPJS Ketenagakerjaan bagi tenaga honorer akan diberikan pada tahun 2023 mendatang.

"Secara keseluruhan iuran bulanan tidak dibebankan ke guru honorer, tapi ditanggung oleh pemerintah daerah melalui Dikbud Kolaka Utara," terangnya, Rabu (26/10/2022).

Kepala DPM PTSP Sulawesi Tenggara ini menuturkan, pemberian BPJS Ketenagakerjaan tersebut merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan pemerintah daerah dan Dikbud Kolaka Utara atas kinerja serta dedikasi para guru honorer.

"Merekalah yang selama ini bekerja keras mendampingi para guru PNS mendidik anak-anak kita dalam proses belajar mengajar di sekolah, sehingga patutlah kalau kita mengapresiasi jasa-jasa mereka," jelasnya.

Baca Juga: Rapat Persiapan Porprov Ricuh, Ketua KONI Tinggalkan Ruang Rapat

Selain itu, kehadiran BPJS Ketenagakerjaan bagi mereka dapat memberikan jaminan keamanan dalam bekerja.

"Jika suatu waktu mereka dalam menjalankan tugas ditimpa musibah yang tidak kita harapkan berupa kecelakaan, khususnya honorer yang bertugas di daerah pelosok, maka mereka berhak mendapatkan santunan dari BPJS ketenagakerjaan," bebernya.

Mantan Wakil Bupati Konawe ini berharap program tersebut dapat bermanfaat bagi guru honorer yang tersebar di 142 sekolah SD dan SMP se-Kabupaten Kolaka Utara.

"Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat buat teman-teman guru tenaga honorer di Kabupaten Kolaka Utara," harapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, H. Muh. Idrus, S.Sos., M.Si menyampaikan, kurang lebih 1500 guru tenaga honorer yang tersebar di SD dan SMP menjadi sasaran program BPJS Ketenagakerjaan yang baru diprogramkan tahun depan.

"Jumlah guru tenaga honorer itu sekitar 1500 orang, sasarannya hanya guru honorer di SD dan SMP. Untuk SMA itu bukan kewenangan kami," imbuhnya.

Program tersebut mendapat apresiasi dan respons positif dari ratusan kepala sekolah yang turut hadir dalam rakor yang diselenggarakan Dikbud Kolaka Utara di lantai III aula pertemuan Dikbud.  

Salah satunya, Suarni, Kepala Sekolah SDN 4 Ngapa, kata dia, program BPJS Ketenagakerjaan yang dicanangkan pemerintah kabupaten melalui Dikbud untuk guru honorer sangat bagus.

Baca Juga: Resmi Dilantik, Pj Bupati Minta DPD KNPI Muna Barat Bersinergi Bangun Daerah

"Kami sangat mengapresiasi program tersebut. Kalau bisa pak kepala sekolah yang berprestasi juga diberi beasiswa lanjut S2," pintanya kepada Pj bupati dan Kadis Dikbud.

Senada, Madania, S.Pd., M.Si Kepala SDN 3 Tolala, juga sangat mengapresiasi program BPJS Ketenagakerjaan untuk guru honorer.

"Di sekolah saya pak ada guru honorer, insyaAllah saya akan sampaikan kepada mereka terkait program ini," ujarnya di hadapan Pj bupati dan Kadis Dikbud. (A-info)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga