Ratusan Kios Pedagang Pasar Laino Dibongkar Paksa

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 22 November 2022
0 dilihat
Ratusan Kios Pedagang Pasar Laino Dibongkar Paksa
Plt Kadis Perindustrian dan Perdagangan Muna, La Ode Salindo bersama Kapolsek Katobu, Iptu LM Arwan di sela-sela penertiban kios. Foto: Sunaryo/Telisik

" Sebelum melakukan pembongkaran, sudah dilakukan sosialisasi sebanyak tiga kali, namun para pedagang tidak mengindahkan "

MUNA, TELISIK.ID - Dinas Peridustrian dan Perdagangan Kabupaten Muna membuktikan janjinya menertibkan kios-kios pedagang di Pasar Laino yang berjualan di bahu jalan.

Selasa (22/11/2022), instansi yang dipimpin La Ode Salindo itu bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Polsek Katobu melakukan pembongkaran paksa terhadap ratusan kios yang berada di pelataran gedung utama pasar dan bahu jalan.

Plt Kadis Perindustrian dan Perdagangan Muna, La Ode Salindo mengatakan, sebelum melakukan pembongkaran, sudah dilakukan sosialisasi sebanyak tiga kali. Namun, para pedagang tidak mengindahkan penyampaian tim penertiban untuk membongkar sendiri kiosnya.

"Kita tertibkan mereka ini, untuk dipindahkan ke kios yang sudah disiapkan. Bila ada pedagang yang belum memiliki kios, kita bangunkan," kata Salindo.

Baca Juga: 62 Orang Dilaporkan Tewas Pasca Gempa Cianjur

Pembongkaran kios dilakukan oleh personel Satpol PP bersama-sama pedagang.

Plt Kasat Pol PP Muna, Ali Fakara Hara menerangkan, dalam melakukan pembongkaran kios, pihaknya turun dengan kekuatan full.

Baca Juga: Warga Gotong Royong Tangani Jalan Provinsi yang Rusak

"150 personel kita terjunkan. Ini perintah, agar pasar tidak semerawut akibat banyak bangunan-bangunan liar," terangnya.

Sementara itu, Kapolsek Katobu, Iptu LM Arwan mengatakan, kawasan pasar merupakan wilayahnya. Karenanya, ia bersama anggotannya turun langsung mem-back up kegiatan penertiban untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kita akan terus kawal, hingga penertiban selesai," tukasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga