Ratusan Lampu Jalan di Konawe Diganti, Hemat Anggaran hingga Rp 1 Miliar

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Sabtu, 11 Maret 2023
0 dilihat
Ratusan Lampu Jalan di Konawe Diganti, Hemat Anggaran hingga Rp 1 Miliar
Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Konawe melakukan pergantian lampu di sepanjang ruas jalan Ibu Kota Unahaa Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Pemerintah Kabupaten Konawe melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan penggantian lampu di ruas jalan Ibu Kota Unaaha "

KONAWE, TELISIK.ID – Pemerintah Kabupaten Konawe melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan penggantian lampu di ruas jalan Ibu Kota Unaaha. Pemasangan lampu LED tersebut dilakukan dari gerbang masuk Kota Unaaha di Kelurahan Ranoeya, lalu mengarah ke pusat Kota Unaaha, hingga ke Kelurahan Rahabangga.

Kepala DLH Konawe, Herianto Wahab menuturkan, ada 600 mata lampu yang diganti, dengan ukuran 40 watt saja. Lebih kecil dibanding lampu-lampu sebelumnya yang berukuran 300 sampai 500 watt.

“Meski lebih kecil wattnya, penerangannya sudah cukup bagus. Dan yang terpenting lebih hemat mulai Rp 500 juta sampai Rp 1 miliar per tahunnya,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, lampu-lampu lama yang selama ini digunakan, diganti dengan lampu jenis LED. Lampu ini memiliki keunggulan lain selain lebih hemat, yaitu serangga tidak mendekat. Hal itu membuat pengendara motor yang melintasi jalan tidak terganggu.

Baca Juga: Ratusan Lampu Jalan di Konawe Segera Diperbaiki

“Keunggulan lainnya tentu lebih banyak lagi dan masyarakat juga sudah tahu,” pungkasnya.

Salah satu masyarakat sekitar, Asrini mengungkapkan, dengan adanya perbaikan lampu di sepanjang jalan Kota Unahaa, selain mempercantik suasana kota, juga memberikan rasa aman kepada pengendara.

Baca Juga: Jelang Pergantian Tahun, Pemkot Kendari Pasang 90 Lampu Jalan Lengan Ganda

"Lebih aman saja dirasa kalau bawa motor karena terangmi jalan," ujarnya.

Ia berharap agar penerangan jalan ini juga dapat dilakukan di lorong-lorong yang ada di Kota Unaaha. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA SELENGKAPNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga