Ratusan Warga Kolaka Utara Salat Idul Adha Hari Ini

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 28 Juni 2023
0 dilihat
Ratusan Warga Kolaka Utara Salat Idul Adha Hari Ini
Ratusan warga mengikuti salat Idul Adha di kompleks Pondok Pesantren Al-Markaz Al-Islam Meeto, Kecamatan Tiwu, Kolaka Utara. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Ratusan masyarakat Kolaka Utara melaksanakan salat Idul Adha 1444 H hari ini, Rabu (28/6/2023). Sedikitnya lima masjid Kota Lasusua dan tiga masjid di luar kota menggelar salat Idul Adha "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Ratusan masyarakat Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, melaksanakan salat Idul Adha 1444 H hari ini, Rabu (28/6/2023). Informasi yang diterima Telisik.id dari Sekretaris Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kolaka Utara, sedikitnya lima masjid Kota Lasusua dan tiga masjid di luar kota menggelar salat Idul Adha hari ini.

Salah satunya di kompleks Pondok Pesantren Al-Markaz Al-Islam Meeto Desa Matirobulu, Kecamatan Tiwu. Pantauan Telisik.id, meski pelaksanaan salat Idul Adha ini dimulai sekitar pukul 07.00 Wita, namun masyarakat sekitar Pompes, warga Muhammadiyah dan ormas Islam lainnya dari beberapa desa sudah mendatangi lokasi salat Id mulai pukul 06.00 Wita.

Imam dan Khotib pada salat Idul Adha kali ini dipimpin oleh Pimpinan Pompes, Syamsuddin Ribi. Syamsuddin Ribi mengatakan, Idul Adha yang dirayakan oleh umat Islam pada setiap bulan Zulhijah identik dengan ibadah haji dan kurban.

"Kemarin 9 Zulhijjah seluruh jemaah haji  melaksanakan wukuf di Arafah. Secara otomatis umat Islam khususnya kita di Indonesia sudah bisa melaksanakan Idul Kurban soreh kamrin. Namun disyariatkan pagi, sehingga kita lakukan pagi ini," terangnya.

Baca Juga: Ribuan Warga Kendari Salat Idul Adha 1444 H Hari Ini

Meski demikian, lanjutnya, perbedaan pelaksanaan hari raya Idul Adha antara warga Muhammadiyah dan Nahdiyin sah-sah saja dan tidak boleh dibesar-besarkan karena sama-sama memiliki metode.

Ia juga menegaskan penyembelihan hewan kurban pada setiap hari raya Idul Adha merupakan syariat Islam dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah.

"Mereka yang berkurban ikhlas merupakan manifestasi bentuk syukur, ketakwaan, dan ketaatan hamba kepada Allah SWT," ujarnya.

Sementara itu, salah satu warga Desa Lapai, Kecamatan Ngapa, H. Aksan mengaku melaksanakan salat Idul Adha hari ini bersama keluarga karena dirinya merupakan warga Muhammadiyah.

Baca Juga: Ketua DPRD Sulawesi Tenggara Sampaikan Pesan Idul Adha di Hadapan Warga Muhammadiyah

"Saya kesini bersama keluarga sebanyak tiga mobil. Meski agak jauh, tapi saya Muhammadiyah ikut lebaran hari ini," imbuhnya.

Tidak hanya warga Muhammadiyah, sejumlah pengurus ormas DPD HTI Kolaka Utara, Ust. Rofiq juga ikut melaksanakan salat idul Adha hari ini di Ponpes Al-Markaz Al-Islam Meeto.

"Sebenarnya kami ingin menggelar salat Idul Adha di satu titik, hanya saja arahan pengurus pusat, kami diperintahkan ikut melaksanakan salat di tempat terdekat dan mudah dijangkau," bebernya. (A)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga