Rawan PMI Bawa Varian Baru COVID-19 Saat Nataru, Jatim Pelototi Jalur Pintu Masuk

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 16 November 2021
0 dilihat
Rawan PMI Bawa Varian Baru COVID-19 Saat Nataru, Jatim Pelototi Jalur Pintu Masuk
Gubenur Jatim Khofifah bersama Forkopimda. Foto: Ist.

" Kewaspadaan tersebut muncul, kata Khofifah, akan dibawa Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang akan pulang ke kampong halamannya saat libur Natal dan tahun baru (Nataru) "

SURABAYA, TELISIK.ID - Gubernur Jatim Khofifah mengatakan, saat ini pihaknya sedang mewaspadai masuknya varian baru yaitu AY.4.2 yang terdeteksi sudah masuk di Malaysia dan Singapura.

Kewaspadaan tersebut muncul, kata Khofifah, akan dibawa Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang akan pulang ke kampong halamannya saat libur Natal dan tahun baru (Nataru).

“Waspada di pintu masuk Jatim non penerbangan internasional,” jelasnya di Surabaya, Selasa (16/11/2021).

Menurut Khofifah, meski gelombang kepulangan PMI yang masif ini belum terjadi, tindakan preventif dan pengawasan sudah harus digencarkan. Terutama dari jalur Malaysia ke Indonesia yang bisa melalui banyak pintu.

Baca Juga: Pemkab Kolaka Utara Berdayakan Ribuan Petani Melalui Program Readsi

Baca Juga: Belum Divaksin, Kadis di Muna Siap-Siap Dimutasi

"Koordinasi dengan kabupaten/kota yang menjadi perlintasan harus kita koordinasikan bersama dan komunikasikan. Sangat mungkin mereka masuk melalui kapal dan lanjut dengan domestic flight, dan  sebagainya," imbau mantan mensos ini.

Ditambahkan oleh Khofifah, untuk mengantipasi naiknya cluster baru COVID-19 saat Nataru, pihaknya mengajak kabupaten/kota yang ada di Jatim untuk menjaga dan meningkatkan vaksinasi, serta secara akseleratif menggenjot vaksinasi untuk lansia.

"Harus ada akselerasi, perlu ada percepatan yang didorong. Baik itu vaksinatornya ditambah, tenaga adminnya, layanannya ditingkatkan, kita harus bersinergi bersama untuk mengatasi semua kendala," tutupnya. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga