Refly Harun Bongkar Serangan Rasis Umar Bonte ke Anies, Netizen: Gak Jauh dari Selangkangan Kan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 15 Mei 2023
0 dilihat
Refly Harun Bongkar Serangan Rasis Umar Bonte ke Anies, Netizen: Gak Jauh dari Selangkangan Kan
Ketua Umum Relawan Ganjar Pranowo (RGP) La Ode Umar Bonte dinilai keluarkan pernyataan rasis soal Anies Baswedan. Foto: Kolase

" Pakar Hukum Tata Negara dan Pengamat Politik Refly Harun angkat suara soal heboh Ketua Umum Relawan Ganjar Pranowo (RGP) La Ode Umar Bonte yang dinilai keluarkan pernyataan rasis soal Anies Baswedan "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pakar Hukum Tata Negara dan Pengamat Politik Refly Harun angkat suara soal heboh Ketua Umum Relawan Ganjar Pranowo (RGP) La Ode Umar Bonte yang dinilai keluarkan pernyataan rasis soal Anies Baswedan.

Ia menyoroti klarifikasi Umar Bonte yang mengaku tak menyampaikan pernyataan rasisme yang tertuju pada Anies. Menurut Refly, jelas dalam video tersebut Umar Bonte yang mengatasnamakan Ketua DPP KNPI mengeluarkan pernyataan rasis yang ditujukan untuk menyerang Anies.

“Jelas di sini dia menyerang Anies,” ujar Refly seperti dikutip dari kanal Youtube miliknya.

Di antara poin yang menurut Refly mengarah pada rasisme adalah saat Bonte membandingkan satu pihak merupakan bukan orang asli Indonesia dan tak layak jadi presiden, dengan pihak lain yang menurutnya asli Indonesia dan wajib dipilih jadi presiden.

“Bukan putra asli, tidak layak, harus diberikan pada putra-putra bangsa sendiri,” jelasnya.

Baca Juga: Umar Bonte Rasis ke Anies Baswedan, Relawan Bereaksi, Tensi Politik Memanas?

Refly menilai Umar Bonte hanya memainkan kalimat dengan merujuk putra-putra asli Indonesia. 

Ujungnya, lanjut Refly, Umar Bonte hanya ingin mengatakan Anies bukan orang Indonesia asli dan punya darah Arab yang menurut Bonte tak boleh jadi Presiden.

“Dia hanya ingin mengatakan bahwa ini orang (Anies) keturunan Yaman, diibaratkan sama Belanda yang tamu (penjajah),” jelasnya dilansir dari Wartaekonomi.com.

“Walaupun dia menginap (lahir dan besar di Indonesia) dia tidak bisa jadi tuan rumah (presiden), jadi dia mengangap Anies orang asing, tidak bilang punya hak sebagai Warga Negara Indonesia,” lanjutnya.

Selain itu dilihat Telisik.id di media sosial twitter mengungkap sejumlah fakta pemberitaan terkait sepak terjang Umar Bonte semasa menjabat sebagai anggota DPRD Kota Kendari.

Baca Juga: Dipolisikan karena Rasis ke Anies Baswedan, Umar Bonte Minta Maaf

Ia diduga sempat terjerat kasus asusila anak di bawah umur. Bahkan ramai netizen mengomentari postingan tersebut.

"Gak jauh dari selangkangan kan yang didukung sama yang mendukung," tulis akun twitter Ian Gultom.

"Pantesan dia masuk komunitas penyuka bokep, ampun Tuhan hancurkanlah mereka sebelum negeri ini tambah hancur," tulis Frizz245. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga